Klasifikasi Tweet E-Commerce dengan Menggunakan Metode Support Vector Machine
DOI:
https://doi.org/10.24014/coreit.v4i2.5205Abstract
Aktifitas belanja online telah menjadi kebutuhan masyarakat. Online shop di media sosial merupakan pilihan tempat berbelanja karena pembeli dapat berinteraksi dan berkonsultasi langsung dengan penjual. Tantangan dalam mengumpulkan informasi transaksi e‑commerce di media sosial adalah banyaknya pemilik online shop dan kerahasiaan data. Namun demikian, informasi transaksi e‑commerce di Twitter dapat ditemukan pada tweet yang dapat diakses publik. Tweet biasanya berisikan aktifitas sebelum pembelian, aktifitas pembelian, aktifitas pengiriman oleh penjual, atau aktifitas penerimaan oleh pembeli. Hal ini menjadi indikator adanya transaksi. Tantangan lainnya adalah teks di media sosial menggunakan bahasa alami manusia yang seringkali dituliskan secara tidak terstruktur. Dalam penelitian ini, diklasifikasikan apakah suatu tweet berkaitan dengan transaksi e‑commerce atau tidak. Oleh karena itu, tweet yang telah dikumpulkan dan diberi label perlu dipraproses, meliputi case folding, cleaning, tokenisasi, normalisasi kata, stopword removal dan stemming. Selanjutnya, dilakukan ekstraksi fitur berdasarkan nilai document frequency dan threshold minimum bagi kata untuk dipilih sebagai fitur. Untuk setiap tweet, ditentukan nilai fitur dengan term frequency-inverse document frequency. Setelah dilakukan cross-validation dengan menggunakan kernel RBF, diketahui parameter terbaik adalah pasangan parameter C=0,9 dan γ=0,8 dengan rataan akurasi sebesar 96,1%. Model terbaik merupakan model yang menghasilkan nilai akurasi tertinggi. Akhirnya dilakukan pengujian dengan hasil akurasi sebesar 94%.References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” November 2016. [Online]. Available: https://apjii.or.id/downfile/file/surveipenetrasiinternet2016.pdf.
E. Anggraini, “Twitter Rambah Bisnis E-Commerce?,” Februari 2014. [Online]. Available: http://tekno.liputan6.com/read/817032/twitter-rambah-bisnis-ie-commerce. [Diakses Januari 2018].
M. Reily, “BPS dan Pelaku E-commerce Akan Hitung Transaksi Online di Media Sosial,” Desember 2017. [Online]. Available: https://katadata.co.id/berita/2017/12/08/bps-dan-pelaku-e-commerce-akan-hitung-transaksi-online-di-media-sosial. [Diakses Januari 2018].
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” 2017. [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei2017.
M. L. Kodra dan A. Purwarianti, “Ekstraksi Informasi Transaksi Online Pada Twitter,” Jurnal Cybernatika, vol. 1, no. 1, 2013.
L. N. Wulansari, “Ekstraksi Lokasi dan Produk dari Data Transaksi Online pada Twitter,” 2015.
I. A. Muis dan M. Affandes, “Penerapan Metode Support Vector Machine (SVM) Menggunakan Kernel Radial Basis Function (RBF) Pada Klasifikasi Tweet,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 12, no. 2, pp. 189-187, 2015.
A. F. Hidayatullah dan A. SN, “Analisis Sentimen dan Klasifikasi Kategori terhadap Tokoh Publik pada Twitter,” dalam Seminar Nasional Informatika (semnasIF), Yogyakarta, 2014.
Twitter, “Tweet object,” [Online]. Available: https://dev.twitter.com/overview/api/tweets.
R. V. Kozinets, K. de Valck, A. C. Wojnicki dan S. J. Wilner, “Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities,” Journal of Marketing, vol. 74, no. 2, pp. 71-89, 2010.
K. C. Laudon dan C. G. Traver, E-commerce, New Jersey: Pearson Education, Inc., 2014.
D. R. Kosiur, Understanding Electronic Commerce, Microsoft Press, 1997.
V. Vapnik dan C. Cortes, “Support Vector Networks,” Machine Learning, vol. 20, no. 3, pp. 273-297, 1995.
C. W. Hsu, C. C. Chang dan C. J. Lin, “A Practical Guide to Support Vector Classification,” Mei 2016. [Online]. Available: https://www.csie.ntu.edu.tw/~cjlin/papers/guide/guide.pdf. [Diakses Januari 2018].
A. Statnikov, D. Hardin, I. Guyon dan C. Aliferis, “A Gentle Introduction to Support Vector Machines in Biomedicine,” 2009. [Online]. Available: https://www.eecis.udel.edu/~shatkay/Course/papers/UOSVMAlliferisWithoutTears.pdf. [Diakses Januari 2018].
C. C. Chang dan C. J. Lin, “LIBSVM -- A Library for Support Vector Machines,” Desember 2016. [Online]. Available: http://www.csie.ntu.edu.tw/~cjlin/libsvm.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to CoreIT journal and published by Informatics Engineering Department Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).