Rekomendasi User Interface Game Edukasi untuk Anak Usia Dini (4-6 tahun) Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)
DOI:
https://doi.org/10.24014/coreit.v6i1.8623Abstract
ABSTRAK — Perkembangan yang terjadi pada teknologi saat ini, memberikan pengaruh pada semua aktifitas pembelajaran dan pengajaran terhadap anak.
Usia 4-6 tahun adalah suatu tahapan usia dalam rentang usia dini (biasa disebut usia pra-sekolah) dimana anak sedang dipersiapkan untuk memasuki proses belajar yang formal. Diharapkan pada rentang usia ini, anak mempunyai sikap belajar yang lebih terarah, tidak hanya sekedar bermain, namun mulai mengenal proses belajar dibalik permainan tersebut. Oleh karena itu, perlunya suatu media bantu belajar dalam bentuk game yang bersifat edukatif. Aplikasi game edukasi dalam perangkat mobile dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran anak. Telah dibuktikan game edukasi dapat menunjang proses
pendidikan. Oleh karena itu, Rekomendasi User Interface Game edukasi pada penelitian ini menggunakan Aplikasi Construct 2 yang merupakan tools pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D yang dikembangkan
oleh Scirra. Ltd. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan user centered design untuk mendapatkan perspektif pengguna dalam mengembangkan aplikasi
game edukasi ini. Dan dapat dijalankan pada platform Android.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to CoreIT journal and published by Informatics Engineering Department Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).