Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang
DOI:
https://doi.org/10.24014/ejpe.v5i2.19269Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema makanan sehat melalui penerapan metode pembelajaran problem solving di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya siswa kurang mampu menganalisis sebuah permasalahan, siswa kurang mampu memberikan alasan mengapa memilih jawaban tersebut, dan siswa belum mampu menarik kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 18 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan 11 orang siswa atau 61,11% berada pada kategori kurang kritis, 5 orang siswa atau 27,77% berada pada kategori cukup kritis, dan 2 orang siswa atau 11,11% berada pada kategori kritis. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan metode pembelajaran problem solving. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, 10 orang siswa atau 55,55% berada pada kategori cukup kritis dan 8 orang siswa atau 44,44% berada pada kategori kritis. Selanjutnya pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu 4 orang siswa atau 22,22% berada pada kategori sangat kritis, 11 orang siswa atau 61,11% berada pada kategori kritis dan 3 orang siswa atau 16,66% berada pada kategori cukup kritis. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai target keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving pada tema makanan sehat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang.References
Wahab Abdul Azis, (2012). Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta
Nata Abuddin, (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Ahmadi Abu dan Widodo Supriyono, (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Agus Suprijono, (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmad Susanto, (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Anas Sudijono, (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Chaedar Alwasila, (2002). Contextual Teaching Learning. Bandung: Mizan Media Utama
Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Candra Pratama Hardi, Florentina Rahayu Esti Wahyuni, dan Emilia
Dewiwati Pelipa, Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Selimbau Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2, No. 1, April 2017, diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 10.23
Harlinda Syofyan dan Abdul Halim, Penerapan Metode Problem Solving Pada Pelajaran IPA Utuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, prosiding seminar nasional multi disiplin ilmu & call for papers UNISBANK (sendi_u) ke-2 tahun 2016 kajian multi disiplin ilmu dalam pengembangan ipteks untuk mewujudkan pembangunan nasional semesta berencana (PNSB) sebagai upaya peningkatan daya saing global, ISBN: 978-979-3649-96-2, diakses pada tanggal 20 februari 2020 pukul 05.35
Fathor Rahman, Akhmad Dzukaul Fuad dan M.Iqbal Ibrahim Hamdani, Penerapan Metode Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII MTS Al-Ishlah Kecamatan Mayang Dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Ajaran 2018-2019, Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya Volume 1 Nomor 1, Januari 2020, diakses pada tanggal 15 agustus 2021 pukul 15.30
Hartono, (2009). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Jhon W Santrock, (2008). PsikologiPendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana
Ormrod Jeanne Ellis, (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. : Erlangga
Kementrian Agama RI, (2013) Alwasim Al-Qir`an Tajwid Kode Transliterasi Per Kata Terjemahan Per Kata. Jawa Barat: Cipta Bagus Segara
Kunandar, (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Mariana, Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam Dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga Melalui Penerapan Metode Problem Solving Kelas VI/A SD Negeri 1 Tanah Jambo Kabupaten Aceh Utara, Jurnal Media Inovasi Edukasi Vol. 03, No. 11 Oktober 2017, diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 13.07
Syah Muhibbin, (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Purwanto Ngalim, (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya
Hamiyah Nur dan Mohammad Jauhar, (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto Suharsimi dkk, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Istarani, (2012). Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Siswono Tatag Yulia Eko, (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dankreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sanjaya Wina, (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Kuswana Wowo Sinaryo, (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Setiawan Yohana dan Nathania Tri Asih Pattiasina, Peningkatan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mangunsari 01, Jurnal Pendidikan Tambusai, olume3 Nomor 6 Tahun 2019, diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 11.56
Zubaedi, (2011). Desain Pendidikan Karakter ( Konsepsi Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Prenada Media