Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Circle And Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Muatan Pembelajaran IPS Kelas IV SD Babussalam Pekanbaru

Authors

  • norfa dila b UIN Suska Riau
  • herlina - UIN SUSKA RIAU
  • Syarifuddin - UIN SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan
model pembelajaran Circle and Quick on the Draw terhadap kemampuan kerjasama siswa
muatan pembelajaran IPS kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah
quasi eksperiment, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen
dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan angket (kuensioner), observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan
model pembelajaran Circle and Quick on the Draw rata-rata pencapaian kemampuan
kerjasama siswa pada kelas eksperimen sebesar 40.18 lebih tinggi dibandingkan dengan
kelas kontrol yang hanya mencapai 37.42. berdasarkan analisis uji t dari nilai kemampuan
kerjasama siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar
2.484 dan ttable 2.131 untuk taraf signifikasi 5% sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel,
maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara
penggunaan model pembelajaran Circle and Quick on the Draw terhadap kemampuan
kerjasama siswa dalam pembelajaran IPS di SD Babussalam Pekanbaru.

References

Riant Nugroho dan Firre An Suprapto, Kerja Sama Pemerintahan Antaradesa Bagian

, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2021).

Irfan Taufan Asfar dkk, Model Pembelajaran GOLD, (Jawa Barat : CV Jejak,

anggota IKAPI, 2020)

Fitri Sholikah, Pengaruh Model Pembelajaran Circle And Quick On The Draw Terhadap

Kemampuan Kerjasama Siswa, (Jawa Tengah : Institut Agama Islam Negeri

Salatiga, 2020).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008).

Downloads

Published

2023-04-28

Issue

Section

Articles