Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Permainan Tradisional Ular Tangga pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SDN 024 Tarai Bangun

Authors

  • sunarti narti 22 Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22128

Abstract

ABSTRAK. Kecerdasan emosional menjadi salah satu potensi yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang Sekolah Dasar. Saat siswa memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka siswa tersebut akan mampu untuk mengenal dirinya, mengolah emosinya, memotivasi dirinya, memiliki sifat empati yang tinggi dan membina hubungan yang baik bersama lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian one group design pretest posttest untuk mengukur peningkatan kecerdasan emosional siswa setelah menggunakan permainan tradisional ular tangga pada pembelajaran IPA kelas 4 SDN 024 Tarai Bangun.  Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas 4 SDN 024 Tarai Bangun yang berjumlah 30 orang, 12 laki-laki dan 18 perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan permainan tradisional ular tangga. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur peningkatan dari kecerdasan emosional siswa tersebut. Adapun hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat peningkatan tingkat kecerdasan emosional siswa setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan permainan tradisional ular tangga, dimana  pada saat pre-test diperoleh angka 46,95% dengan kategori Cukup, kemudian dari hasil pre-test diterapkan permainan tradisional ular tangga sehingga hasil pada saat post-tes  mengalami peningkatan yaitu berada pada angka 75,43% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa permainan tradisional ular tangga ini dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada tingkat Sekolah Dasar.

 

Author Biography

sunarti narti 22, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Fadliansyah, F. (2022). Studi Literatur: Dampak Permainan Ular Tangga Terhadap Emosi Siswa Sekolah Dasar Dalam Belajar. Pelita Calistung, 8(1), 41–51. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/211/153

Lestari, I. C. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. 2(1), 79–87.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Marlinah, M., & Priyanti, N. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Ular Tangga pada Kelompok B di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(20), 4135–4142. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1525

Nasril, & Ulfatmi. (2018). Melacak Konsep Dasar Kecerdasan Emosional. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 16–25.

Rika, A., & Fitriani. (2018). Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 14 Pekan Baru. Jurnal Ekonomi Akutansi FKIP UIR, 6(2), 104–109.

Sunarti, S., M, A., & Vebrianto, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Sains Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 76–80. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18508

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Downloads

Published

2023-04-28

Issue

Section

Articles