Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Fadhilah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • zulhendri - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fadhilaturrahmi - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.25033

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dari 30 siswa, ada 8 siswa yang masih belum lancar dengan ciri kesulitan mengidentifikasi lafal diftong (au, ai, ei, dan oi), lafal konsonan ganda (ng, ny, sy, kh dan kr), intonasi bacaan dan kelancaran membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 192 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 192 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian upaya yang dilakukan guru kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan yaitu: menggunakan media kata huruf diftong dan kata konsonan ganda, memberikan jam tambahan kepada siswa sebelum pelajaran dimulai, menggunakan metode (metode ejaan, metode bunyi, dan metode suku kata), membaca nyaring, mendikte, melakukan kunjungan ke perpustakaan, memposisikan tempat duduk siswa sebagai tutor sebaya dan bekerjasama dengan orang tua untuk ikut memantau kegiatan membaca siswa di rumah.

Kata kunci: Upaya Guru, Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan.

Author Biography

Nurul Fadhilah, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Akda, H. F., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1118–1128.

Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Latifatu, T., Kosasih, A. N., & Kunci, K. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Kelas Iii Di Sekolah Dasar Analysis of Reading Difficulties for Class III in Elementary Schools. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Buana Perjuangan Karawang, 6(1), 39–46.

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301–306.

Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946

Sanjani, M. A. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. Serunai Ilmu Pendidikan, 6, No.1, J(ISSN 2621-2676), ISSN 2528-0775. ???

Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdn 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022. Citra Sintha Setyastuti, 1(1), 32–42.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Downloads

Published

2024-05-16

Issue

Section

Articles