Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL Berbantuan Media Kartu Bergambar Materi Sumber Energi Pada Siswa III SD Kanisius Kalasan
DOI:
https://doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.29251Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan pembelajaran yang berbeda-beda dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dan media kartu bergambar pada topik sumber energi untuk siswa kelas III B di SD Kanisius Kalasan. Metode pembelajaran ini dirancang untuk membantu pemahaman yang beragam dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan melalui analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan PBL dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan pemahaman konsep sumber energi dan menginspirasi siswa untuk belajar secara aktif. Siswa menunjukkan minat yang tinggi dalam pembelajaran, dan terdapat peningkatan dalam keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran yang berbeda-beda dengan menggunakan model PBL dan media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sumber energi di tingkat SD.References
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institus Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468–470.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.
Rohmah, R. K., & Wijayanti, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pbl Pada Subtema Kelas Iii Sdn Sambirejo 02 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1722-1738
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Z., A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode
Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.
Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ar-Rush Media.. Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.