Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Zulfia Listiawani Tia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.30855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 01 Kandis yang terdiri dari kelas V B dan VC, dimana kelas V C menjadi kelas eksperimen dan kelas V B menjadi kelas kontrol yang dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil pengujian statistik untuk data kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan uji t sebagai uji hipotesis, yaitu hasil t hitung > t tabel dimana t hitung = 1,45 dan t tabel=1,05 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk data motivasi belajar pada taraf signifikansi ? = 0,05 diperoleh thitung sebesar 5,72 dengan nilai signifikansi 0,000 sedangkan ttabel sebesar 4,45. Karena thitung > ttabel (5,72 > 4,45) dan signifikansi < 0,05 (0,000< 0,05) sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model guided discovery learning, motivasi belajar, pemecahan masalah

References

Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMA/MA. BSNP.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Perkembangan. PT Rineka Cipta.

Eka, F., Joko, S. A., & Arinta, R. K. (2022). PENGARUH MODEL IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 4, 2.

Fitria, A. C., Sulistyaningsih, D., & Prihaswati, M. (2014). Keefektifan Metode Guide ddiscovery Learning Bernuansa Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(2), 1–6. http://jurnal.unimus.ac.id

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). Optimalisasi Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(2), 262. https://doi.org/10.26418/icote.v2i2.38239

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Natallia, D., Yasin, M., & B, A. (2020). Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA di Kelas V SD Negeri 11 Konda. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Volume, 2, 51–62.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027

Nurrahman, A., Caswita, & Sutiarso, S. (2017). Pengembangan Lkpd Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(11).

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114.

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Susilwaty, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dengan Memanfaatkan Software Geogebra Pada Mahasiswa Stkip Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 14(1), 06–14. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.556

Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles