Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Interaktif pada Aplikasi Pear Deck

Authors

  • Candra Kartika Putri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi Pear Deck sebagai media pembelajaran yang interaktif pada pelajaran Bahasa Indonesia mengenai teks deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil pada penelitian ini adalah aplikasi Pear Deck pada penggunaanya secara online maupun jarak jauh merupakan media pembelajaran yang mendukung interaksi antara guru dan siswa sehingga Pear Deck merupakan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, aplikasi Pear Deck dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran Bahasa Indoensia karena dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif melalui fitur-fitur yang disediakan.

References

Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Dewi Shalikhah, Norma. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media

Pembelajaran Interaktif. CAKRAWALA, Vol. XI, No. 1, Juni 2016.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI.

Curup: AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 2, No 1.

Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Nuryani, Nunuk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Pascasarjana Program

Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Warsita, B. 2002. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Articles