Peran Manajemen Dakwah di Era Globalisasi (Sebuah Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan)
DOI:
https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i1.10904Keywords:
Manajemen, Dakwah, GlobalisasiAbstract
Abstrak: Dalam Islam, setiap mukmin memiliki kewajiban dakwah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Namun, dalam kaitannya dengan artikel ini, secara khusus peran manajemen dakwah yang diemban oleh da’i selaku manusia yang berilmu dan faham ilmu agama adalah untuk menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah, baik dalam bentuk ucapan, perbuatan dan sikap yang santun, para da’i mesti memiliki kapasitas dan integritas di hadapan umat dan juga di kehidupan sehari-hari. Seorang da’i memiliki andil yang sangat besar sebagai lentera untuk menerangi umat. Dan seorang da’i juga harus memiliki strategi dalam menyampaikan ilmu, pesan-pesan indah, memanajemen dengan baik dalam berdakwah, keterampilan dalam menggunakan teknologi di era globalisasi ini, penguasaan media dan metode dakwah yang tepat sehingga dakwah bisa terus eksis di lingkungan masyakat.
References
Abdullah, H. (2018). Ilmu Dakwah Kajian Ontologi, Epistimologi, Aksiologi dan Aplikasi Dakwah, Depok : Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.
Gulen, Fethullah. (2011). Dakwah Jalan Terbaik dalam Berfikir dan Menyikapi Hidup, Jakarta : PT. Gramedia.
Ilaihi, Wahyu. (2010). Komunikasi Dakwah, Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.
Mudasir. (2011). Manajemen Kelas, Pekanbaru : Zanafa Publishing.
Munir, M., & Ilaihi, W. (2006). Manajemen Dakwah, Jakarta : Kencana.
Rosidi, I., & Amin, M. (2019). Dakwah Zakat : Menyebarkan Kewajiban Berzakat di Kalangan Masyarakat Petani di Kepulauan Meranti, Jurnal Dakwah Risalah, 30 (1), 74-90.
Rubani, Mardhiah. (2010). Psikologi Komunikasi, Pekanbaru : UR Press.
Saripudin, A., & Sambas, S. (2007). Dakwah Damai (Pengantar Dakwah Antarbudaya), Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.
Sukayat, Tata. (2009). Quantum Dakwah, Jakarta : Rineka Cipta.
Usman, Husaini. (2009). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Zuhdi, Ahmad. (2016). Dakwah sebagai Ilmu dan Perspektif Masa Depannya, Alfabeta : Bandung.