Dakwah Melalui Media Sosial (Studi Netnografi Konten Ruqyah Syar’iyah pada Akun Tiktok Ustadz @eriabdulrohim)
DOI:
https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i1.13515Keywords:
Dakwah, Media Sosial, Ruqyah Syar’iyahAbstract
Eri Abdulrohim merupakan seorang da’i yang juga merupakan seorang trainer, konsultan yang populer dengan dakwah melalui media sosial Tiktok. Ia dikenal sebagai Ustadz yang rajin mengunggah konten berkenaan dengan pengobatan melalui Ruqyah Syar’iyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan media sosial khususnya pada konten Ruqyah Syar’iyah di Tiktok sebagai sarana dakwah Ustadz Eri Abdulrohim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Netnografi yang menitikberatkan pengamatan pada subjek penelitian di media sosial Tiktok. Objek penelitian adalah konten yang berupa video bertema Ruqyah Syari’iyah pada akun Tiktok @eriabdulrohim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh konten video dakwah Ustadz Eri Abdulrohim di Tiktok sejak 2021, terdapat 3 Video yang tinggi jumlah viewersnya dan viral karena mengangkat tema Ruqyah Syar’iyah. Unggahan konten yang paling diminati netizen berisi terapi ayat Alqur’an untuk penyembuhan dari sihir. Selain itu, konten dakwah di Tiktok ustadz Eri memberikan kontribusi baru karena dikemas singkat, sesuai fenomena terkini, dan sesuai dengan syariat Islam.References
Adib, M., Salih, M., Mohd, H., Rosmila, K., Kahar, A., Mardhiah, W. A., & Zahari, W. (2019). Analisis terhadap Model-model Penilaian Laman Web Islam Berbentuk Dakwah Di Malaysia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(3), 263–282. https://doi.org/10.1109/ITSIM.2010.5561334
Creswell, J. . (2013). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Metode Campuran(Revisi 4). Pustaka Pelajar.
Fuchs, C. (2014). Social Media: A Critical Introduction. In Social Media: A Critical Introduction. https://doi.org/10.4135/9781446270066
Haris Fiardi, M. (2021). PERAN DAKWAHTAINMENT AKUN CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS TERHADAP PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JA’FAR. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.24014/JRMDK.V3I2.12891
Hayat, M. (2020). Ruqyah Syar’iyah: Upaya Mencari Kesembuhan. Emik, 3(2), 206–222. https://doi.org/10.46918/EMIK.V3I2.705
Hew, W. W. (2018). THE ART OF DAKWAH: social media, visual persuasion and the Islamist propagation of Felix Siauw. Https://Doi.Org/10.1080/13639811.2018.1416757, 46(134), 61–79. https://doi.org/10.1080/13639811.2018.1416757
Java, A., Song, X., Finin, T., & Tseng, B. (2007). Why we twitter: Understanding microblogging usage and communities. Joint Ninth WebKDD and First SNA-KDD 2007 Workshop on Web Mining and Social Network Analysis, 56–65. https://doi.org/10.1145/1348549.1348556
Karim, S. (2015). POLA DAKWAH DALAM ERA INFORMASI | Karim Syeikh | Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Jurnal Al Bayan. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bayan/article/view/151/129
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2011.01.005
Kozinets, R. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research, Edition 3. SAGE PublicationsSage UK: London, England.
Loureiro, S. M. C., Serra, J., & Guerreiro, J. (2019). How Fashion Brands Engage on Social Media: A Netnography Approach. Https://Doi.Org/10.1080/10496491.2019.1557815, 25(3), 367–378. https://doi.org/10.1080/10496491.2019.1557815
Murniaty, S. (2014). PENGEMBANGAN STRATEGI DAKWAH MELALUI MEDIA INTERNET (Peluang dan Tantangan). Al Irsyad-An-Nafs. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/2550
Rahardjo, B. (2007). KONSEP DAKWAH DALAM ISLAM. Publikasi Ilmiah : Suhuf. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/904
Rahman, T. (2020). KOMUNIKASI DAKWAH UNTUK KAUM MILLENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL. At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 67–85. http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attadabbur/article/view/211
Rajab, M., & Raha, S. (2014). Dakwah Dan Tantangannya Dalam Media Teknologi Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 69–90. https://doi.org/10.24252/JDT.V15I1.339
Rubawati, E. (2018). “Media Baru: Tantangan Dan Peluang Dakwah.” Studi Komunikasi, 2 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.586
Toni, H., Rolando, D. M., Yazid, Y., & Putra, R. A. (2021). Fenomena Cyber Religion sebagai Ekspresi Keberagamaan di Internet pada Komunitas Shift (Cyber Religion Phenomenon as a Religious Expression on the Internet in the Shift Community). Jurnal Dakwah Risalah, 32(1), 56. https://doi.org/10.24014/JDR.V32I1.11626
Trisakti, F. A. (2021). Cyber-Da’wah: Narasi Konten Video Sebagai Metode Dakwah Non-Ulama Pada Media Sosial Tiktok. Idarotuna, 3(3), 258–271. https://doi.org/10.24014/IDAROTUNA.V3I3.16645
Xiang, Z., & Gretzel, U. (2010). Role of social media in online travel information search. Tourism Management, 31(2), 179–188. https://doi.org/10.1016/J.TOURMAN.2009.02.016