Strategi Komunikasi Dakwah bil Qalam Komunitas Revowriter di Media Digital
DOI:
https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i3.16440Keywords:
Dakwah bil qalam, Komunitas menulis, Media digitalAbstract
Kemajuan teknologi saat ini telah memudahkan penyebaran dakwah. Berbagai metode dakwah dijalankan dengan memanfaatkan media internet. Tiap metode dakwah memiliki keunikannya sendiri, termasuk metode dakwah bil qalam yang berfokus pada dakwah melalui tulisan. Revowriter adalah komunitas menulis untuk tujuan dakwah yang memanfaatkan media online dalam penyebaran dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi dakwah bil qalam Komunitas Revowriter di media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang menggali informasi dari pendiri dan anggota Komunitas Revowriter yang dapat membagi informasi sesuai dengan tujuan penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ekologi Media yang digagas oleh McLuhan bahwa media sebagai lingkungan hidup yang mempengaruhi kehidupan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Revowriter dalam penyebaran dakwah lewat tulisan memanfaatkan karakteristik media baru yang terkonvergensi. Karakter media baru yang bersifat global telah memudahkan pesan dakwah tersampaikan ke dalam berbagai platform media online tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media online mampu mengakomodasi pengarsipan pesan dakwah lewat tulisan dan dapat dibuka dan disebarkan kapanpun.References
Abdullah, M. Q. (2019). Pengantar Ilmu Dakwah. Qiara Media.
Adeni, A., & Hasanah, S. (2020). Kontribusi Dakwah Bil Qalam Syaikh Nawawi Al-Bantani terhadap Nasionalisme Pesantren. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 139–154. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3597
Ahmad, N. (2014). Tantangan Dakwah di Era Teknologi dan Informasi. Addin: Media Dialektika Ilmu Islam, 8(2), 319–344. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/addin.v8i2.600
Al-Haddad, A. bin A. (2018). Dakwah Cara Nabi Jilid II. Cahaya Ilmu Publisher.
Al-Madkhali, R. bin H. (2006). Fiqih Dakwah Para Nabi ’Alaihimus salam. Media Tarbiyah.
Al Isra, A. (2019). Da’wah bil Qalam: From Political Islam to the “Islamic Way” of Resistance through Writings in Indonesia. Jurnal Emik, 2(2), 149–159. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/emik/article/view/339
Ali, M., Budyastomo, A. W., & Harun, M. H. (2021). The Impact Of Social Media For The Development Of Da’wah In Indonesia. Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 24(1), 22–33. https://doi.org/10.28918/religia.v24i1.2224
Briandana, R., Doktoralina, C. M., Hassan, S. A., & Hasan, W. N. W. (2020). Da’wah communication and social media: The interpretation of millennials in southeast Asia. International Journal of Economics and Business Administration, 8(1), 216–226. https://doi.org/10.35808/ijeba/543
Campbell, R., Martin, C. R., & Fabos, B. (2016). Media & Culture: Mass Communication in Digital Age (Tenth Edit). Bedford/St.Martin’s.
Creswell, J. W. (2014). Research design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fourth). Sage Publications.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among 5 Approaches. In Sage Publication (Fourth Edi). Sage Publications.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook of Qualitative Research (N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.); Fifth). Sage Publications. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x
Fitria, R., & Aditia, R. (2019). Prospek dan Tantangan Dakwah Bil Qalam sebagai Metode Komunikasi Dakwah. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(2), 224. https://doi.org/10.29300/syr.v19i2.2551
Fitriyanti, P., & Artikel, I. (2021). Penggunaan E-Book Untuk Meningkatkan Minat Baca. 11, 170–177. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Gil de Zúñiga, H., & Chen, H. T. (2019). Digital Media and Politics: Effects of the Great Information and Communication Divides. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 63(3), 365–373. https://doi.org/10.1080/08838151.2019.1662019
Jalaludin, J., Ghulan, Z., & Ghofur, A. (2021). Analisis Wacana Strategi Dakwah Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo Jalaludin. Dakwatuna, 7(1), 12–26.
Kemdikbud.go.id. (2021). Paradigma Literasi Baca Tulis di Era Digital. Kemdikbud.Go.Id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/minat-baca-tulis-netizen-turun-di-era-digital-lebih-banyak-komen-dan-update-status
Kurniasih, N. (2016). Reading Habit in Digital Era: Indonesian People do not Like Reading, is it True? World Culture Forum, 41, 1–4.
Latepo, I., Suharto, S., & Nurdin, N. (2021). Understanding Muslim Preaching Students’ Use of Social Media. International Journal of International Relations, Media and Mass Communication Studies, 7(1), 52–66.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory (S. W. Littlejohn & K. A. Foss (Eds.)). Sage Publications.
Masyhur, M. (2014). Jalan dakwah. Konsis Media.
McQuail, D. (2010). McQuail ’ s Mass Communication Theory (Sixth Edit). Sage Publications. http://docshare04.docshare.tips/files/28943/289430369.pdf
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Mupida, S., & Shalihati, K. N. (2019). Dakwah By the Pen: Salim a. Fillah’S Authority in Pro U Media. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 4(1), 27. https://doi.org/10.18326/inject.v4i1.27-46
Nurchaili. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. Libria, 8(2), 197–209. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/1211
Omar, F. I., Hassan, N. A., & Sallehuddin, I. S. (2015). Islamic perspectives relating to business, arts, culture and communication. Islamic Perspectives Relating to Business, Arts, Culture and Communication, 43–55. https://doi.org/10.1007/978-981-287-429-0
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods : Integrating Theory and Practice (Fourth). Sage Publications.
Raihan. (2019). Dakwah Menurut Perspektif Buya Hamka. Al-Idarah: Manajemen Dan Administrasi Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i1.4803
Ratna Sari, R. (2019). Islam Kaffah Menurut Pandangan Ibnu Katsir. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 1(2), 132–151. https://doi.org/10.32939/ishlah.v1i2.46
Saputri, E., & Khairani, S. (2021). Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Minat Baca melaui Pojok Baca Digital ( POCADI ) di Kota Lhokseumawe, Aceh. JIPKA: Jurnal Informasi, Perpusatakaan, Dan Kearsipan, 1(1), 27–39.
Straubhaar, J., LaRose, R., & Davenport, L. (2012). Media Now_ Understanding Media, Culture, and Technology(2011)-1. Wadsworth Cengange Learning.
Sule, M. M., & Sulaiman, Y. (2021). Enhancing Da’wah and Spread of Knowledge Via Social Media Platforms. Jurnal Ilmiah Peuradeun: The International Journal of Social Science, 9(1), 145–160. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i1.549
Webcapp.ccsu.edu. (2016). World’s Most Literate Nations Ranked. https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data
West, R. L., & Turner, L. H. (2018). Introducing Communication Theory: Analysis and Application (Sixth Edit). McGraw-Hill Education.