Pengembangan Metode Dakwah Tarekat Bagi Remaja di Indonesia

Authors

  • Rian Hidayat STIT Qurrota A’yun Samarang – Garut
  • Rinita Rosalinda Dewi STIT Qurrota A’yun Samarang – Garut

DOI:

https://doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.26019

Keywords:

Dakwah, Tarekat, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan metode dakwah tarekat bagi remaja di Indonesia khususnya di Kecamatan Samarang-Garut. Tarekat Tijaniyah salah satu Tarekat yang Muktabarah di Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengembangan dakwah oleh pihak Tarekat Tijaniyah bagi remaja di Kecamatan Samarang-Garut dilakukan dengan berbagai metode yaitu pendekatan personal, pendekatan dalam pendidikan, pendekatan media cetak, pendekatan media digital, dan pendekatan seni marawis; 2) Pelaksanaan dakwah Tarekat Tijaniyah dimanifestasikan pada lingkup keluarga besar Tarekat Tijaniyah (Ijtima) dan pelaksanaan dalam lingkup umum (media); 3) Pengembangan internal berupa pembinaan secara intensif di tiap-tiap daerah murid-murid Tarekat Tijaniyah, penjadwalan tugas-tugas muqaddam untuk membina dan mengisi materi-materi pengajian di tempat-tempat hailalah secara bergiliran, penataan administrasi Tarekat Tijaniyah, dan pengembangan hubungan eksternal dijalin dengan pemerintah dan organisasi sosial-politik.

Author Biographies

Rian Hidayat, STIT Qurrota A’yun Samarang – Garut

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Rinita Rosalinda Dewi, STIT Qurrota A’yun Samarang – Garut

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

References

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Tindak Pidana Menurut Kepolisian Daerah 2019-2021. [Online]. Retrieved from https://www.bps.go.id/indicator/34/101/1/jumlah-tindak-pidana-menurut-kepolisian-daerah.html. Diakses 1 Agustus 2023.

Bayu. (2022). Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam. Retrieved from https://dataindonesia.id/varia/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam. Diakses 15 September 2022.

Depdiknas. (2013). UU Sisdiknas edisi terbaru. Bandung: Fokusindo Mandiri.

Dewi, R. (2021). Kontribusi Tarekat Tijaniyah Terhadap Perubahan Prilaku Sosial Jama'ah Masyarakat Di Desa Payabenua. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 6(1), 44-57.

Dhofier, Z.(1985). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3S.

Hamkah, Z. (2020). TAREKAT TIJANIYAH (Eksklusifisme dan Eksoterisme Gerakan Tarekat Abad 19). Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(2), 215-222.

Kabbani, H. M. (2015). Tasawuf dan Ihsan. Jakarta: Serambi.

Lickona, T. (2012). Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maarif, B. S. (2010). Komunikasi Dakwah (Paradigma Untuk Aksi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Muhtadi S, A. (2012). Komunikasi Dakwah Teori Pendekatan dan aplikasi. Bandung: Simbiosa Pratama Media.

Febriana, L. (2021). Jalan kesucian: ajaran tasawuf dalam Suluk Wujil Sunan Bonang (Bachelor's thesis, FU).

Sarwono, S. W. (2010). Psikologi Remaja. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sayyid, U. (2002). Mizab ar-Rahmah fi at-Tarbiyah li at-Thariq at-Tijaniyah. Maktabah Abd al-Hanid Ahmad. Mesir.

Steenbrink, K. A. (1984). Beberapa Aspek Islam di Indonesia Abad ke-19. Jakarta: Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2023-10-31