PERAN MAJELIS TA’LIM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR’AN PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.24014/jmm.v6i1.13323Keywords:
Majelis Ta’lim, Al-Qur’an, Minat baca al-Qur’anAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan subjek penelitian 20 orang remaja di desa Tanjung Mulya Ogan Ilir Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Adapun hasil penelitian yang dilakukan bahwa minat baca al-Qur’an remaja di Desa Tanjung Mulya berada di kategori meningkat setelah diselenggarakannya majelis ta’lim. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisa data kuesioner yang ada yakni mencapai 83% menjawab opsi iya, 11% menjawab tidak, dan 6% menjawab mungkin atau ragu-ragu. Majelis ta’lim juga memiliki peran sebagai wadah untuk belajar mengenai ilmu agama lebih dalam lagi sebagaimana yang diselenggarakan di majelis ta’lim di Desa Tanjung Mulya Ogan Ilir Sumatera Selatan.
References
Ahyani, Abdul Aziz. 1998. Psikologi Agama Ajaran Muslim Pancasila. Jakarta: Sinar Baru
Departemen agama RI. 2011. Al-Hidayah Al-Qur’an Tafsir perkata tajwid Kode angka. Jakarta: Kalim
Faisar Ananda Arfa dan Watni Marpaung. 2018. Metodologi Penelitian Hukum Islam. Jakarta: Kencana
Koko Abdul Kodir. 2014. Metodologi Studi Islam. Bandung: Pustaka Setia
Marsini, Nunung. “Aktifitas Tokoh Agama dalam Mewujudkan Kerukunan Hidup Antara Umat Beragama di Desa Bumi Ratu Kecamatan Belambangan Umpu Kabupaten Way Kanan”.
Nata, Abuddin. 2011. Studi Islam Komprehensif. Jakarta: Kencana
Nur Apriliya R dan Badrus Zaman. 2018. Pendidikan Moral Anak Jalanan. Yogyakarta: Trussmedia
Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zaman, Badrus. (2018). Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta. Jurnal Inspirasi Vol. 2 No. 2 Undaris Ungaran