POTENSI WISATA MUSEUM PURBAKALA POPA-EYATO SEBAGAI ETALASE BUDAYA DI PROVINSI GORONTALO

Authors

  • Masruroh Masruroh Universitas Negeri Gorontalo
  • Wiwin Kobi Universitas Negeri Gorontalo
  • Moch Rio Pambudi Universitas Negeri Gorontalo
  • Ramla Hartini Melo Universitas Negeri Gorontalo
  • Hapsa Meeradji Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.24014/jmm.v8i2.26015

Keywords:

Museum, Wisata Budaya, Popa-Eyato

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi wisata museum purbakala Popa Eyato yang ada di Provinsi Gorontalo sebagai etalase budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu potensi wisata museum purbakala Popa-Eyato sebagai etalasae 1) wisata edukasi  yang dapat memberikan pembelajaran sejarah budaya di kalangan pelajar baik TK, Paud, siswa SD, SMA sampai Mahasiswa, sehingga Siswa lebih kreatif, inovatif dan mandiri dalam belajar. 2) Informasi bagi masyarakat luas bahwa wisata museum menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi dalam menikmati kota terutama dalam mempelajari sejarah di masa lampau secara langsung, dengan membangun sistem informasi museum yang dapat diakses oleh semua kalangan dan menarik masyarakat untuk mengunjungi museum. 3) wisata budaya sejarah yang mampu menarik perhatian wisatawan untuk melihat koleksi hasil  peningggalan  budaya masyarakat zaman dahulu secara langsung sesuai dengan misi museum yaitu sarana rekreasi bersifat kultural.

 

Kata kunci: Museum, Wisata Budaya, Popa-Eyato

 

Abstract

The aim of this research is to determine the tourism potential of the Popa Eyato archaeological museum in Gorontalo Province as a cultural showcase. The method used in this research is a qualitative approach. Data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques. The results of the research are: Development of the potential of the Popa-Eyato archaeological museum as showcase 1) educational tourism which can provide cultural history learning among students both kindergarten, pre-school, elementary, high school and college students, thus training students to be more creative, innovative and independent in the learning process. 2) Information for the wider community that museum tourism is an option to visit to enjoy the city, especially in studying past history directly, by building a museum information system that can be accessed by all groups and attracts people to visit museums. 3) historical cultural tourism which is able to attract the attention of tourists to see the collection of cultural relics of ancient people directly in accordance with the mission of the museum, namely cultural recreation facilities.

 

Keywords: Museum, Cultural Tourism, Popa-Eyato

 

Author Biographies

Masruroh Masruroh, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Geografi

Wiwin Kobi, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Geografi

Moch Rio Pambudi, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Geografi

Ramla Hartini Melo, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Geografi

Hapsa Meeradji, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Geografi

References

Amirudin, A. (2009). Potensi Museum Negeri Mpu Tantular sebagai Daya Tarik Wisata di Jawa Timur Universitas Sebelas Maret.

Buditiawan, K., & Harmono. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN JEMBER JEMBER TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY. JURNAL Kebijakan Pembangunan, 15, 37–50.

Dewi, K. P., & Sugiharti, R. R. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI WISATA SEJARAH DI KOTA MAGELANG. Jurnal Paradigma Multidisipliner (JPM), 14–21.

Dinas Dikbudpora. (2023). UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. Https://Museum.Kemdikbud.Go.Id/Museum/Profile/Uptd+museum+purbakala+provinsi+gorontalo?Page=4.

Dispora. (2023). Museum Purbakala Gorontalo. Https://Museum.Gorontaloprov.Go.Id/Informasi_museum/.

Fiky, & Dinas Dikbudpora. (2021, August 18). Kepala Dinas Dikbudpora buka kegiatan edukatif Museum. Https://Museum.Gorontaloprov.Go.Id/Kepala-Dinas-Dikbudpora-Buka-Kegiatan-Edukatif-Museum/.

Gandhawangi, S. (2022, October 11). Museum Bukan Sekadar Etalase Benda Kuno. Https://Www.Kompas.Id/Baca/Humaniora/2022/10/11/Jaga-Relevansi-Museum.

Girsang, D., & Nabila, R. (2020). POTENSI DAN PENGEMBANGAN MUSEUM UANG SUMATERA SEBAGAI OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA SEJARAH DI KOTA MEDAN. Jurnal Akomodasi Agung, 1.

Hamidah, S. (2019). DAYA TARIK WISATA PADA MUSEUM KEPRESIDENAN BALAI KIRTI, BOGOR. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(2).

Hermawan, H. (2017). PENGARUH DAYA TARIK WISATA, KESELAMATAN, DAN SARANA WISATA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN : Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Jurnal Media Wisata, 15(1), 562.

Junaid, I. (2017). MUSEUM DALAM PERSPEKTIF PARIWISATA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI SULAWESI SELATAN.

Kiswantoro, A., & Damiasih, D. (2018). PERSEPSI KUALITAS LAYANAN MUSEUM SEBAGAI SARANA EDUKASI MASYARAKAT (STUDI KASUS: MUSEUM GUNUNG API MERAPI YOGYAKARTA). Jurnal Kepariwisataan, 12.

Kurniawan, J., Puspita Sari, D., Susanty, S., Asir, M., Ilman Mansyur, A., Wicaksono, A., Pawalluri, T., Kharisma Hatibie, I., Milana Sahusilawane, A., Gede Putra Nugraha, I., Adam Hilman, Y., Purwaningrum, H., Made Rianita, N., Mukarromah, I., Niki Suma, N., & Reza Irwansyah Rezeki, S. (2021). Sosiologi Kepariwisataan (Konsep dan Perkembangan) (N. Rismawati, Ed.; 1st ed.). Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com

Lasmin, Rosyid, & Eyv. (2021, July 28). Museum Popa-Eyato Sosialisasikan Museum di Kabupaten/Kota. Https://Infopublik.Id/Kategori/Nusantara/551894/Museum-Popa-Eyato-Sosialisasikan-Museum-Di-Kabupaten-Kota?Show=.

Maesari, N., Suganda, D., & Ucu, C. R. (2020). PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI BERKELANJUTAN DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG. Journal of Tourism, Travel and Hospitality, 3(1).

Miranti, Aureliza, S. R., & Prathama, A. (2020). Strategi Pengembangan Potensi dan Daya Tarik Wisata Museum Sepuluh Nopember. Syntax Transformation, 1.

Noor, C. G. (2019, July 30). Sinergi Museum dan Pariwisata dalam Menghadapi Era Teknologi Digital 4.0 (5). Https://Kebudayaan.Kemdikbud.Go.Id/Muspres/Sinergi-Museum-Dan-Pariwisata-Dalam-Menghadapi-Era-Teknologi-Digital-4-0-5/.

Nur Indah, O. S. (2010). POTENSI DAN PENGEMBANGAN MUSEUM WAYANG INDONESIA SEBAGAI OBJEK WISATA BUDAYA DI KABUPATEN WONOGIRI.

Pianto, H. A., Dwijonagoro, A. N., & Hadi, S. (2022). MUSEUM SONG TERUS SEBAGAI SARANA WISATA BUDAYA SEJARAH DI KABUPATEN PACITAN. Siginjai: Jurnal Sejarah, 2(2).

Prasetyo, D., Sastrawan Manik, T., & Riyanti, D. (2021). PEMANFAATAN MUSEUM SEBAGAI OBJEK WISATA EDUKASI. Kepariwsataan: Jurnal Imliah, 15. https://asosiasimuseumindonesia.org/

Prasetyo, T. A. H. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA BRAJAN. Jurnal Media Wisata, 12(2).

Prayoga, A., & Hanani, R. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG IMPLEMENTASI YANG MENYEBABKAN TINGGINYA KUNJUNGAN TERHADAP OBJEK WISATA MUSEUM LAWANG SEWU DI KOTA SEMARANG. Journal Of Public Policy And Management Review. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/download/29747/24915

Sanam, S. R., & Adikampana, M. I. (2014). PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PANTAI LASIANA SEBAGAI PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KOTA KUPANG, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Destinasi Pariwisata, 2(1).

Sanjaya, R., Adiputra, Y., Putra, R. S., & Hermawan, K. (2021). SISTEM INFORMASI PARIWISATA OBJEK WISATA TUKAD CAMPUHAN TAMPAKSIRING BERBASIS WEB. Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika Dan Pendidikan Informatika (KERNEL), 2(1).

Setyaratih, F. (2013). PERAN PEMERINTAH DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA MUSEUM (Studi Kasus Museum Sonobudoyo Yogyakarta).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan 8). Bandung: Alfabeta.

Wahyono, M. (2020, February). Museum Popa Eyato Menarik Perhatian Konsultan Korea. Https://Read.Id/Museum-Popa-Eyato-Menarik-Perhatian-Konsultan-Korea/.

Wayan Sudana, I., Dangkau, S., & Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Gorontalo iwayan, P. (2022). Pembelajaran Seni Rupa di Museum Purbakala Gorontalo. Devotion: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 1–9. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/devotion/article/view/15035

Widhi, B. C., & Made, I. A. (2014). POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) NGURAH RAI SEBAGAI PRODUK EKOWISATA. Jurnal Destinasi Pariwisata, 2(1).

Yunus, R., Malae, A. K., & Pakaya, S. (2021). Peran Museum Popa-Eyato Gorontalo Sebagai Media Belajar Sejarah: Sebuah Penelitian Awal. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(2), 133. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5047

PP Nomor 66 Tahun 2015.

UPTD Museum. (2022). Wawancara pengelola museum

UU No 20 Tahun 2003.

Downloads

Published

2023-12-29