STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI RIAU DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI
DOI:
https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.11997Keywords:
Strategi Komunikasi, Pimpinan, Meningkatkan, Kinerja Pegawai, Biro Administrasi PimpinanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang nya kedisiplin kehadiran atau absensi di kantor, seperti masuk yang terlambat dan pulang yang cepat sebelum waktu nya, keluar masuk kantor sesuka hati misalnya belum jam istirahat sebagian ada yang keluar untuk melakukan kegiatan pribadi, ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, serta kurang nya komunikasi antara pegawai dengan pimpinan seperti, kepala biro, kepala bagian atau kepala sub bagian dalam bekerja sehingga terjadi miss communication, hal demikian terjadi dapat berpengaruh terhadap kinerja pegawai sehingga dapat berdampak pada tugas dan tanggung jawab mereka. Oleh sebab itu diperlukan strategi komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan untuk pegawai nya, karena strategi merupakaan perencanaan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Hasil penelitian menjelaskan ada empat langkah strategi komunikasi yang dilakukan pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai, Pertama mengenal khalayak (pegawai) dengan saling bertegur sapa ketika bertemu, memiliki daftar nama pegawai, serta mengenali secara natural saja selama bekerja dan melakukan interaksi dengan pegawai. Kedua menyusun pesan, pesan tersebut berupa pesan dalam memberikan motivasi atau semangat yang diperlukan pegawai, pesan untuk memenuhi kebutuhan pegawai dikantor/fasilitas, pesan untuk dapat melakukan kegiatan yang mempererat kekeluargaan antar sesama, pesan dalam memberi contoh teladan kepada pegawai, misalnya disiplin dalam kehadiran dikantor, pesan akan memberikan reward kepada pegawai jika baik dalam bekerja, pesan untuk terus melakukan pengawasan dalam bekerja. Ketiga menentukan metode, metode yang digunakan ialah metode redundancy dan canalizing serta metode informatif, kursif dan edukatif dengana alasan setiap pegawai beda cara mereka dalam menerima pesan yang diberikan. Terakhir pemilihan media, media yang digunakan ialah media online berupa whatssapp grup, video call, dan lain-lain sementara offline ialah menyampaikan secara langsung, maupun dengan surat.References
A Muri, Yusuf, Metodologi Penelitian, Jakarta: Prenada Group, 2014
Achmad, dkk, Strategi Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bhakti, 1997
Anwar, Arifin, Strategi Komunikasi Suatu Pengantar Ringkas, Bandung: Armico, 1984
Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2007
Cangara, Hafied, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013
Effendy Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Emery, Ault dan Agee. 1970. Introduction to Mass Communications, New York: Dadd Mead & Company
Imam, Gunawan. 2013. Metodologi Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara,
Iriantara, Yosal, 2013. Community Relations: Konsep dan Aplikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama
Irwan, Soehartono. 2011. Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: Alfabeta
Kuswandi. 2004. Cara Mengukur Kepuasan Kerja, Jakarta: Elex Media Komputindo
Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad, Arni. 2000. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2000
Nasution, Zulkarimein. 1990. Prinsip-Prinsip Komunikasi Untuk Penyuluhan, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia
Negara, Mangku, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid. 2011. Metodologi Penelitian, Bandung: Alfabeta
Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta
Rivao, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. Indeks
Rosady, Ruslan. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada
Sentono, Suryadi Prawiro. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan, Yogyakarta: BPFE, 1999
Setiadi A dan Sihotang S. 2013. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Komunikasi Intern Terhadap Kinerja Karyawan UD, Surabaya: Rezeki
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014
Sutrisno, Edy. 2014. Budaya Organisasi, Jakarta: Persada Media Group, 2014
Thoha, Miftah. 2015. Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers
Wahjono, Sentot Imam. 2010. Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010
Widjaja. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Yusuf Zainal Abidin. 2015. Manajemen Komunikasi (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi), Bandung: Pustaka Setia
Zamroni, Muhammad. 2009. Filsafat Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu
Ahmad Yani. 2016. Pengaruh Komunikasi Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kelurahan Rabadompu Timur. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan. Volume III Nomor 1 Januari-Juni: 96110.
Bustanol Arifin. 2018. Strategi Komunikasi Dakwah Da’i Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 Nomor 2.
Junaidi Pranata Sembiring. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung.
Putri Wulandari. 2015. Gaya Komunikasi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. White and Blue di Pekanbaru. Jom FISIP. Volume 2 No. 1-Februari.
Soraya Ratna Pratiwi, Susanne Dida, Nuryah Asri Sjafirah. 2018. Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 6, No. 1, Juni, hlm. 78-90.
Abdul Aziz Al-Baraqy, 2015, Strategi Komunikasi Kepemimpinan Kantor Kementerian Agama Kota Malang dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Alfis Satria Lova, 2018, Strategi Komunikasi Pimpinan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam Mengingkatkan Kinerja Pegawai, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Nur Aini, 2018, Strategi Komunikasi Pemimpin dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Wartawan Pekanbaru Pos, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Sultan Syarif Kasim Riau
Yusuf, 2019, Strategi Komunikasi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Gayo Lues, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh.