KREATIVITAS EDITOR VIDEO @DISKOMINFOPROVRIAU DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI RESMI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI RIAU

Authors

  • Eviza Juni Pratiwi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Toni Hartono Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12855

Keywords:

kreativitas, editor, instagram, informasi

Abstract

Kreativitas editor sangat diperlukan dalam membuat sebuah video, agar video tersebut menarik untuk ditonton. Selain kreatif, editor @diskominfoprovriau juga harus mempertahankan citra positif pemerintah Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas editor video @diskominfoprovriau dalam menyampaikan informasi berupa video singkat di Instagram @diskominfoprovriau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa editor memiliki kreativitas dan menguasai enam elemen editing yakni Motivasi, menjadi alasan editor memilih video; Informasi, merupakan kemampuan editor menghasilkan video yang berisi informasi; Komposisi, merupakan peletakan subjek terdiri dari head room, nose room, Rule of Third, Walking room dan ukuran gambar video terdiri dari Long Shot, Full Shot, Medium Shot, & Medium Close Up; Suara, merupakan suara alami maupun Backsound pada video; Sudut Pengambilan Gambar, terdiri dari Eye Angle/Normal Angle dan Bird View; Kontinuitas, merupakan kesinambungan gambar terdiri dari Continuity cutting, Continuity Color, & Continuity Sound. Untuk menghasilkan video yang berkualitas, dibutuhkan editor yang kreatif dan menguasai ke enam elemen editing tersebut.

References

Andrianto, T.T. (2013). Cara Cerdas Melejitkan IQ Kreatif Anak. Yogyakarta: Kata Hati.

Brata, V. B. T. (2007). Videografi dan Sinematografi Praktis. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Komputer, W. (2008). Video Editing & Video Production. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

M. Desy. 6 Elemen Dasar Yang Harus di Kuasai Dalam Video Editing. Diakses dari https://mkvclass.blogspot.com/2019/04/6-elemen-dasar-yang-harus-dikuasai.html?m=1 diakses 21 Mei 2020 pada pukul 14.58.

Munandar, U. (2002). Kreativitas & Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________.(2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta,.

Nurudin. (2012) Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Suryaningsih, A & Kurniawan, A. (2019) Teknik Pengelolaan Audi Video. (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tambipessy, B. (2018). Serba-Serbi Mahasiswa Produktif. Yogyakarta: Deepublish,

Tania, A. S. R, dkk. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang: Intrans Publishing Group.

Thompson, R & Bowen, B. (2009). Grammar of The Edit. USA: Focal Pers.

Komputer, W. (2008). Video Editing & Video Production. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Zuhri, S. dkk. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat, Malang: Intrans Publishing Group.

Downloads

Published

2021-06-07

Issue

Section

Articles