ANALISIS ISI EDITORIAL PEMBERITAAN PASCA PILPRES DI HARIAN MEDIAINDONESIA.COM DAN TEMPO.CO PERIODE APRIL-MEI 2019

Authors

  • Dinda Oktavia Parawansyah Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Elfiandri Elfiandri Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i5.13311

Keywords:

Kata kunci, Analisis Isi, Editorial, Pasca-Pilpres 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan media melalui isi editorial di Harian MediaIndonesia.com dan Tempo.co dalam pemberitaan pasca-Pilpres 2019 edisi 18 April-27 Mei 2019.Metode Analsiis Isi dengan teknik analisis ptesentase.Hasil penelitian, skors persentase frekuensi yang ditemukan yaitu 54% MediaIndonesia.com dan 46% Tempo.co. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan editorial pemberitaan pasca-Pilpres 2019 di Harian MediaIndonesia.com dan Tempo.co Periode April-Mei 2019 mendapatkan penilaian kecenderungancukup netral.

References

Referensi

Dollah, B. (2014). Kecenderungan Isi Tajuk Rencana Surat Kabar: Media Indonesia, Fajar, dan Tribun Timur Periode Desember 2013. Jurnal Pekomnas, Vol. 17 No. 1 , 55.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hamidi. (2007). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi: Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Iriantara, Y. (2005). Media Relation: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung: Simbioka Rekatama Media.

Kompas.com. (2020). Bawaslu Tak Ingin Tajamnya Dinamika Pilpres 2019 Berlanjut di Pilkada 2020. Retrieved September 27, 2020, from https://nasional.kompas.com/read/2020/09/01/09473301/bawaslu-tak-ingin-tajamnya-dinamika-pilpres-2019-berlanjut-di-pilkada-2020

Kompas.com. (2019, May 27). KPU Sebut Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2019 Capai 81 persen. Retrieved September 27, 2020, from https://nasional.kompas.com/read/2019/05/27/16415251/kpu-sebut-partisipasi-pemilih-pada-pemilu-2019-capai-81-persen

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusumaningrat, H. K. (2014). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Liliweri, A. (1996). Memahami Peran Komunikasi Dalam Masyarakat. Bandung: Rosdakarya.

R, Siti Zuhro. (2019, Juni). Demokrasi dan Pemilu Presiden 2019. Jurnal Pusat Penelitian Politik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 16 No. 1 , 73.

Rahayu. (2006). Menyingkap Profesionalisme Kinerja Surat Kabar di Indonesia. Pusat Kajian Media dan Budaya Populer: Dewan Pers dan Departemen Komunikasi dan Informasi.

Rosenstiel, B. K. (2003). Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta: Yayasan Pantau dan Kedutaan Besar AS.

Sudibyo, A. (2006). Analisis Isi Media: Gambaran Masyarakat Sipil di Indonesia. Jakarta: Yappika.

Downloads

Published

2022-11-15