STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DPPKBP3A) DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI BANGKINANG

Authors

  • Belmiro Ananditya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rafdeadi Rafdeadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13475

Keywords:

Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program KB

Abstract

Melihat perkembangan zaman berbanding lurus dengan perkembangan jumlah manusia khususnya di Indonesia, sehingga hal tersebut perlu dikendalikan dengan program KB yang dilakukan oleh Bidang Pelayanan Umum Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Bidang Pelayanan Umum DPPKBP3A dalam Mensosialisasikan Program Keluarga Berencana di kecamatan Bangkinang. Penelitian ini menggunakan pendekataan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya langkah-langkah komunikasi yang ini sesuai dengan indikator strategi Komunikasi yaitu: 1) Mengenal Khalayak, yang menjadi khalayak disini adalah Pasangan Usia Subur (PUS) di Kecamatan Bangkinang.  2) Menyusun Pesan, ada dua jenis pesan yang disampaikan yaitu Tujuan program KB dan Manfaat Program KB. 3) Menetapkan Metode. Metode yang digunakan adalah metode edukatif dan Redudancy (Repetition). 4) Pemilihan Media, media yang digunakan yaitu media sosial, media cetak dan media elektronik

References

Arifin, Anwar, (2004). Strategy Komunikasi. Bandung: Armilo.

Bungin, Burhan, (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya:Prenada Media Group.

Cangara, Hafied, (2013). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Effendy, Onong Uchana, 2008. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchana. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hardjana, Agus M. (2007). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius.

Moleong Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muallah, Ikram. (2020). “Strategi Komunikasi Binmas Polresta Pekanbaru dalam Mensosialisasikan Program Jum’at Barokah”. Pekanbaru; Pustaka Unri.

Nana dkk, 2006. IPS Terpadu : Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah. Jakarta, PT Grafindo Media Pratama.

Ruslan, Rosadi. (2008). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi, Jakarta:Rajawali Pers.

Trisiah Anita., M.Sc. (2013). Branding Strategi dalam Meningkatkan Re-Imagine IAIN Raden Fatah Menjadi UIN Raden Fatah, Palembang: Rafah Press.

Tua, Fazri. (2020). Strategi Komunikasi Dinas Esdm Provinsi Riau Dalam Mensosialisasikan Kebijakan Subsidi Listrik Tepat di Pekanbaru. Pekanbaru: Pustaka Unri.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009.

www.lusa.web.id. diakses 8 Juni 2011

www.irwanashari.com. diakses 10 Juni 2011

Downloads

Published

2021-09-25

Issue

Section

Articles