HUBUNGAN SELF CONFIDENCE KONSELOR TERHADAP KEBERHASILAN KONSELING: STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL ANAK YANG MEMERLUKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (BRSAMPK) RUMBAI DI PEKANBARU RIAU
DOI:
https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i4.13550Keywords:
Kepercayaan diri, konseling, keberhasilan konselingAbstract
Dalam praktik konseling, konselor harus profesional dalam mejalankan tugasnya, maka dari itu konselor harus memiliki kepercayaan diri yang baik karna konselor selalu menghadapi baranekaragam kondisi klien sehingga konselor harus mampu mengendalikan berbagai situasi dalam praktik konseling. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui hubungan self-confidence terhadap keberhasilan konseling. Penelitian ini sendiri dilakukan di Balai Rehabilitas Anak Sosial Yang Memerlukan perlindungan Khusus (BRSAMPK) Rumbai di Pekanbaru Riau. Hipotesa awal dalam penelitian ini adalah adanya hubungan self-confidence atau variavel x terhadap keberhasilan konseling atau variable y. Metode pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang mana dalam penelitian ini menganalisis data dengan bantuan program spss versi IBM SPSS Statistics 24. Teknik dalam menganalisis data dengan menggunakan Pearson Product Moment yang menunjukan hasil perolehan data Nilai sig.2.tailed sebesar 0,001 dengan α = 0,05 maka ternyata 0,001 ≤ 0,05, artinya ada hubungan antara variable x dengan y, dengan cara lain dapat kita ketahui dengan menguji r hitung dengan r tabelnya maka dari data yang diperoleh dapat diketahui (r hitung = 0,767) r table (r tabel = 0.514 (df=n-1 taraf 5%)). Dari hasil yang diperoleh maka jika r table ≤ r hitung atau 0,514 ≤ 0,767, maka dapat diartikan bahwasanya ada terdapat hubungan yang significant antara variable x dengan variable y. dengan arti lain hasil dari pengujian data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang significan antara kepercayaan diri konselor terhadap keberhasilan konseling.References
Al-Hebaish, S. M. (2012). The Correlation between General Self-Confidence and Academic Achievement in the Oral Presentation Course. Theory & Practice in Language Studies, 2(1).
Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., & Vohs, K. D. (2003). Does high self-esteem cause better performance, interpersonal success, happiness, or healthier lifestyles? Psychological Science in the Public Interest, 4(1), 1–44.
Campbell, J. D., & Fairey, P. (1985). Effects of self-esteem, hypothetical explanations, and verbalization of expectancies on future performance. Journal of Personality and Social Psychology, 48(5), 1097.
Cheng, H., & Furnham, A. (2002). Personality, peer relations, and self-confidence as predictors of happiness and loneliness. Journal of Adolescence, 25(3), 327–340.
Donnellan, M. B., Trzesniewski, K. H., Robins, R. W., Moffitt, T. E., & Caspi, A. (2005). Low self-esteem is related to aggression, antisocial behavior, and delinquency. Psychological Science, 16(4), 328–335.
Gabriel, S., Renaud, J. M., & Tippin, B. (2007). When I think of you, I feel more confident about me: The relational self and self-confidence. Journal of Experimental Social Psychology, 43(5), 772–779.
Gawel, J. E. (1996). Herzberg’s theory of motivation and Maslow’s hierarchy of needs. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 5(1), 11.
Hatzigeorgiadis, A., Zourbanos, N., Mpoumpaki, S., & Theodorakis, Y. (2009). Mechanisms underlying the self-talk–performance relationship: The effects of motivational self-talk on self-confidence and anxiety. Psychology of Sport and Exercise, 10(1), 186–192.
Heylighen, F. (1992). A cognitive‐systemic reconstruction of Maslow’s theory of self‐actualization. Behavioral Science, 37(1), 39–58.
Hirsch, C. R., Mathews, A., Clark, D. M., Williams, R., & Morrison, J. A. (2006). The causal role of negative imagery in social anxiety: A test in confident public speakers. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, 37(2), 159–170.
Kleitman, S., & Stankov, L. (2007). Self-confidence and metacognitive processes. Learning and Individual Differences, 17(2), 161–173.
Koivula, N., Hassmén, P., & Fallby, J. (2002). Self-esteem and perfectionism in elite athletes: Effects on competitive anxiety and self-confidence. Personality and Individual Differences, 32(5), 865–875.
Lazar, B. S., & Dempster, C. R. (1984). Operator variables in successful hypnotherapy. International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis, 32(1), 28–40.
McCarty, P. A. (1986). Effects of feedback on the self-confidence of men and women. Academy of Management Journal, 29(4), 840–847.
Moore-Hayes, C. (2011). Technology integration preparedness and its influence on teacher-efficacy. Canadian Journal of Learning and Technology/La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 37(3).
Pransiska, T. (2016). Konsepsi Fitrah Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 17(1), 1–17.
Rosenberg, M., Schooler, C., & Schoenbach, C. (1989). Self-esteem and adolescent problems: Modeling reciprocal effects. American Sociological Review, 1004–1018.
Saadat, M., Ghasemzadeh, A., Karami, S., & Soleimani, M. (2012). Relationship between self-esteem and locus of control in Iranian University students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 530–535.
Sharma, M. D., & Bewes, J. (2011). Self-monitoring: Confidence, academic achievement and gender differences in physics. Journal of Learning Design, 4(3), 1–13.
Suharsimi, A. (2014). Prosodur Penelitian. (A. Suharsimi,Ed.) (ke 15). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Vignoles, V. L., Regalia, C., Manzi, C., Golledge, J., & Scabini, E. (2006). Beyond self-esteem: influence of multiple motives on identity construction. Journal of Personality and Social Psychology, 90(2), 308.