STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKUN INSTAGRAM @TEMBILAHAN.KULINER SEBAGAI MEDIA PAID PROMOTE UMKM DI KOTA TEMBILAHAN

Authors

  • Sri Zuliana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rafdeadi Rafdeadi universitas islam negeri sultan syarif kasim riau
  • Siti Hazar Sitorus universitas islam negeri sultan syarif kasim riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/jrmdk.v5i1.23155

Keywords:

Strategi, Komunikasi Pemasaran, Instagram, Paid promote, UMKM

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi membuat semakin beragamnya cara promosi. Salah satunya paid promote merupakan jenis layanan promosi. Pada akun Instagram @tembilahan.kuliner memanfaatkan paid promote dalam membantu UMKM di kota Tembilahan khususnya dibidang kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan pada akun Instagram @tembilahan.kuliner sebagai media paid promote UMKM di kota Tembilahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi (gabungan). Informan penelitian ini adalah pemilik akun, konsumen, dan followers akun Instagram @tembilahan.kuiner. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa akun Instagram @tembilahan,kuliner menggunakan strategi komunikasi pemasaran (Promotion mix) yaitu iklan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat/publisitas, dan pemasaran langsung. Strategi komunikasi pemasaran dengan Promotion Mix yang dilakukan berhasil meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan jasa paid promote yang telah disediakan oleh akun Instagram @tembilahan.kuliner. Dengan meningkatnya minat dari konsumen, dapat membantu mempromosikan UMKM di kota Tembilahan.

References

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu:Implementasi Untuk UMKM. 8(2).

Fahmi, M. N. (2019). Endorse dan Paid Promote Instagram dalam Perspektif Hukum Islam. An-Nawa : Jurnal Studi Islam, 1(1). https://doi.org/10.37758/annawa.v1i1.109

Fauzi, V. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Onlineshop @Nellcodoxshop Di Instagram. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.

Indonesia, D. (n.d.-a). Pengguna Instagram RI Terbesar Keempat di Dunia pada Awal 2023. Dataindonesia.id. Retrieved May 17, 2023, from https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-di-dunia-pada-awal-2023

Indonesia, D. (n.d.-b). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Dataindonesia.id. Retrieved May 17, 2023, from https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Kusmiati, M. (2021). Komunikasi Pemasaran Instagram @7Islami_News Sebagai Media Paid Promote Dalam Meningkatkan Konsumen Potensial. UIN SUSKA.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.

Oktaresiyanti, S. (2019). Pengaruh Feed pada Instagram Terhadap Citra Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (p. 6). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1). https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rustandi, O. M. (2019). Bauran Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan (p. 17). Universitas Sangga Buana YPKP.

Simatupang, M. P., & Utomo, D. P. (2019). Analisa Testimonial Dengan Menggunakan Algoritma Text Mining dan Term Frequency-Inverse Document Frequence (TF-IDF) pada Toko Allmeeart. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1). https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1697

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Muhammadiyah University Press.

Downloads

Published

2023-07-11

Issue

Section

Articles