PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SMARTPHONE

Authors

  • Rina Marlina Fitriana Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Ulfa Yuniati Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i2.9452

Keywords:

persepsi kualitas, kepuasan konsumen, pembelian, smartphone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi kualitas dengan kepuasan konsumen dalam membeli smartphone. Penelitian ini memiliki satu variable bebas yaitu persepsi kualitas, yang terdiri dari sebelas dimensi yaitu harga, nama merek, reputasi perusahaan, negara pembuat, kinerja, fitur, reliabilitas, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Pada variable terikat yaitu kepuasan konsumen, juga memiliki tujuh dimensi yaitu kinerja, fitur, reliabilitas, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada 89 responden yang merupakan mahasiswa UMBandung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji korelasi produk moment. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi kualitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli smartphone.

Author Biography

Rina Marlina Fitriana, Universitas Muhammadiyah Bandung

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles