STRATEGI PT. KUNANGO JANTAN PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI GOVERNMENT RELATIONS
DOI:
https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.9819Keywords:
Strategi, Citra dan Government RelationsAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin menggeliatnya dunia usaha di Indonesia serta akibat diberlakukannya perdagangan bebas yang dapat mengancam industri dalam negeri, sehingga akan mengakibatkan perusahaan lokal akan sulit berkembang. Dengan menerapkan strategi government relations yang tepat diharapkan perusahaan dapat tetap esksis di dunia bisnis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi government relations PT. Kunango Jantan Pekanbaru dalam meningkatkan citra perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa direct lobbying (lobi secara langsung) dilakukan dengan cara mengadakan pertemuan dengan pemerintah perihal perizinan. Audinesi dengan mengadakan pertemuan bersama steakholeder dan pihak yang terlibat dalam menyelesaikan permasalahan. Selanjutnya yaitu dengan mengadakan special events (menyelenggarakan kegiatan khusus) dalam rangka mempererat kerja sama antara perusahaan dan pemerintah.References
Budiatna Muhammad (2012). Komunikasi Bisnis Silang Budaya. Jakarta :Prenada Media Group
Frazier Moore (2005). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung : PT Rosdakarya
Kadek Dwi Cahaya Putra (2008). Jurnal Ilmu Komunikasi Strategi Public Relations Parawisata Bali,Vol. 5, No. 1, 44
Mangkunegara (2011) . Manajemen Sember Daya Manusia dan Perusahaan. Jakarta : Remaja Rosada Karya
Make Beard (2012). Manajemen Departemen Public Relations. Jakarta : Erlangga
MD. Rahadhini. (2010) Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Ekonomi dan Kewirausahaan . Peran Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility, Vol. 10, No. 1, 13..
Moerissan (2008). Manajemen Public Relations. Jakarta: Prenada Media Group
Pudji Utomo. (2005) Komunikologi. Strategi Public Relations Dalam Pelayanan Informasi,Vol. 2 No. 1, 40.
Rochoyat Harun (2011) . Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Rino Adibowo, Sylvia Octa Putri (2016) Ilmu Politik dan Komunikasi : Penerapan E-Govermant Dalam Paradiplomasi Pemerintah Kota Bandung Vol 6 No. 2, 2016, 91.
Sudarsono (1996). Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Syarifuddin S dan Suryanto. (2006) Public relations. Yogyakarta :CV Andi Offset
Yantos (2016) Dasar-Dasar Governmen Relations .Jakarta : PT Rajagrafindo Persada