IDENTIFIKASI HUMAN ERROR YANG TERJADI PADA PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE ERGONOMI MAKRO
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.19480Abstract
Human error adalah kegagalan untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang spesifik (atau melakukan tindakan yang tidak diizinkan) yang dapat menimbulkan gangguan terhadap jadwal operasi atau mengakibatkan kerusaakan benda dan peralatan. Penelitian ini akan menggunakan metode identifikasi human error yaitu Ergonomi Makro.. Hasil dari penelitian ini berupa identifikasi berdasarkan 5 elemen ergonomic karo yaitu manusia, organisasi, teknologi, lingkungan dan pekerjaan. Pada elemen manusia dari 20 orang operator dihasilkan bahwa sangat minim yang memilihi Pendidikan tinggi, pengalaman kerja rata-rata hanya dibawah 10 tahun dan tidak ada yang tersertifikasi. Pada elemen teknologi sampai saat ini belum diterapkannya penggunaan teknologi berbasis informasi. Berdasarkan data identifikasi potensi bahaya pada alat dan mesin terdapat beberapa potensi yang dapat menyebabkan human error pada operator. Pada elemen organisasi masih belum diterapkan adanya kebijakan K3, SOP yang lengkap serta system insentif. Hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab human error yang terjadi pada kalangan operator. Pada elemen lingkungan, pencahayaan, kesisingan, tempratur yang melebihi dari ambang batas juga membuat penyebab human error pada operator. Pada elemen terakhir yaitu pekerjaan, untuk pekerjaan yang membutuhkan perhatian yaitu pada pemasangan rumput. Hal ini dikarenakan pemasangan rumput ini pada tanah yang tinggi dan miring. Sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan kerja apabila human error yang terlalu besar. PT X juga memberikan target produksi berdasarkan perminggu kepada seluruh operator untuk menyelesaikan tugas pengerjaan mingguan perstasiun kerja.
Kata Kunci: Human Error, Ergonomi Makro
References
Alatas, H A. (2017). Identifikasi Human Eror Pada Proses Produksi Cassava Chips Dengan Menggunakan Metode Sherpa Dan Heart Di Pt. Indofood Fritolay Makmur. Jurnal Pasti. Volume XI (No. 1), Halaman 98-110.
Bridger (2012). Introduction To Ergonomics. (Eds 3). London: CRC Press.
Dhillon, B. (2007). Human Reliability and Error in Transportation Systems. London: Springer-Verlag.
Direktorat Pengawasan Norma K3, (2017). Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Hendrick dan Kleiner (2002). Macroergonomics Theory, Methods and Applications. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Iridiastadi dan Yassierli (2014). Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).