Analisis True Customer Needs Produk Raja Menggunakan Model Kano Dan Quality Function Deployment Pada Umkm Tiu Ramata Di Kabupaten Sumbawa
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.19565Abstract
Produk UMKM Tiu Ramata adalah minuman fungsional merek Raja sejak tahun 2020, dibuat dari ekstrak jahe dan kayu secang yang manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan. Permasalahan yang dihadapi UMKM Tiu Ramata terkait teknologi, dan proses produksi serta manajemen keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk menganalisis true customer needs dari atribut-atribut produk merek Raja, 2. Untuk meningkatkan kinerja produk merek Raja. Penelitian ini mengintegrasikan model Kano dan Quality Function Deployment (QFD) Penelitian dilakukan di Kecamatan Buer Kabupaten Sumbawa dan responden penelitian sebanyak 100 responden yang terdiri dari konsumen dan produsen produk merek Raja.
Hasil penelitian menyatakan true customer needs berturut-turut dari tingkat pertama; produk Raja cukup tersedia di pasaran (4,12), kemasan produk Raja menarik (3,85), desain produk Raja memberikan informasi yang dibutuhkan (3,85), rasa produk Raja memberi manfaat pada tubuh (3,79), kemasan produk raja tercantum masa kadaluarsanya(2,97), desain dan kemasan produk sudah menarik (2,97). Hubungan tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen dengan karakteristik respon teknis menunjukkan bahwa atribut pengemasan menggunakan alumunium foil (73,63) dan pelabelan menarik (56,32) merupakan dua atribut teknis yang sangat berpengaruh meningkatkan kinerja kualitas produk. Sedang nilai Raw Weight tertinggi (4,94) pada atribut produk Raja cukup tersedia di pasaran sehingga UMKM Tiu Ramata harus selalu berproduksi secara terus menerus.References
S. Wahyunti, J. Anggrek, N. 16, R. Na’, and K. Bima, “Peran Strategis Umkm Dalam Menopang Perekonomian Indonesia Di Tengah Pandemi Covid 19.”
S. Tinggi, I. Ekonomi, A.-W. Sibolga, M. Siagian, and P. H. Kurniawan, “Analisis Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja UMKM di Kota Batam,” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, vol. 2, no. 2, 2019.
A. Ishak, R. Ginting, B. Suwandira, and A. Fauzi Malik, “Integration of Kano Model and Quality Function Deployment (QFD) to Improve Product Quality: A Literature Review,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Dec. 2020, vol. 1003, no. 1. doi: 10.1088/1757-899X/1003/1/012025.
A. Suci et al., “Analisa Atribut dan Pengembangan Produk Croissant Pada PT.XYZ dengan Metode Kano dan Quality Function Deployment,” 2019.
P. Priyono and F. Yuamita, “Pengembangan Dan Perancangan Alat Pemotong Daun Tembakau Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), vol. 1, no. 3, pp. 137–144, 2022.
A. A. Muis et al., “Rancangan Meja Pengatur Ketinggian Otomatis Menggunakan Pendekatan Antropometri Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD),” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), vol. 1, pp. 114–122, 2022.
M. Jesica, G. Testiana, and S. Rahayu, “Analisis Pengembangan Website Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: BRSPDF Budi Perkasa Palembang)”.
J. Lyu, R. Chen, L. Yang, J. Wang, and M. Chen, “Applying a Hybrid Kano/Quality Function Deployment Integration Approach to Wood Desk Designs for Open-Plan Offices,” Forests, vol. 13, no. 11, p. 1825, Nov. 2022, doi: 10.3390/f13111825.
M. Reinhart and F. R. Wilujeng, “Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Holland Bakery Tegal Rotan Dengan Metode IPA, KANO, Dan QFD [Improving the Service Quality at Holland Bakery Tegal Rotan with IPA, Kano, and QFD Method].” [Online]. Available: http://journal.ubm.ac.id/
M. Imron Zamzani et al., “Evaluasi Layanan Akademik di Universitas X Dengan Pendekatan Metode Kano,” vol. 20, no. 1, pp. 296–302, 2022.
T. Rahmanadi and F. Yuamita, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Biji Kopi Arabica Posong Temanggung Menggunakan Metode Kano Studi Kasus : UMKM Kopi Two Heart.”
S. Anindya Puspitasari, “Jurnal SENOPATI Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Analisa Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kano dan Quality Function Deployment (Studi Kasus PT. Bank X).”
R. Bagus Irawan1 and M. Nuruddin2, “Peningkatan Kualitas Produk Kitchen Set Menggunakan Metode Kano Dan Quality Function Deployment (QFD) Pada CV. ABC,” vol. 20, no. 1, pp. 130–137, 2022.
E. Sarvia, E. Wianto, E. A. Halim, and E. Natalia, “Perancangan Desain Tempat Tidur bagi Lansia Menggunakan Penerapan Metode KANO dan QFD,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 11, no. 2, pp. 167–180, Oct. 2022, doi: 10.26593/jrsi.v11i2.5209.167-180.
N. Haber, M. Fargnoli, and T. Sakao, “Integrating QFD for product-service systems with the Kano model and fuzzy AHP,” Total Quality Management and Business Excellence, vol. 31, no. 9–10, pp. 929–954, Jul. 2020, doi: 10.1080/14783363.2018.1470897.
“12522145 Muhammad Anggy Azhari”.
G. Buhari, D. Pramitasari, and A. Saifullah, “Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Wisata : Fort Rotterdam, Di Makassar,” 2022. [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika
“putuindra,+8.+Wulan+Purnamasari+68-77”.
D. Sebagai and S. Satu, “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Roemi Ice Cream Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Kano.”
D. aenur K. arrauf Heryangga Abdi, “1297-4003-1-PB”.
M. Rizki et al., “Aplikasi Metode Kano Dalam Menganalisis Sistem Pelayanan Online Akademik FST UIN SUSKA Riau pada masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 18, no. 02, pp. 180–187, 2021.
Arini Firdiana, “Analisis Atribut Kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality Dan Kano (Studi Kasus: Alive Fusion Dining, Yogyakarta ).”
M. Jesica, G. Testiana, and S. Rahayu, “Analisis Pengembangan Website Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: BRSPDF Budi Perkasa Palembang)”.
H. Ekie Gilang Permata, D. Jurusan Teknik Industri, F. Sains dan Teknologi, and U. H. Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas, “Perancangan Sistem Informasi Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.”
M. Siska, I. Naufaldi dan Rika Taslim Jurusan Teknik Industri, F. Sains dan Teknologi, U. H. Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas No, and S. Baru, “Desain Alat Pemberi Pupuk Cair Aquascape Otomatis Menggunakan Kansei Engineering dan Kano,” 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).