Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan 4P Pada Keramik (Study kasus : PT. Sahabat Keramik Anugerah)
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.19591Abstract
PT. Sahabat Keramik Anugerah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi produk jadi berupa keramik yang berlokasi di Serang. Berdasarkan data penjualan PT. Sahabat Keramik Anugerah dalam satu tahun di tahun 2021 selalu terjadi fluktuasi yang tidak menentu. Diketahui bahwa rata-rata penjualan selama satu tahun di tahun 2021 yaitu sebanyak 24.479 dus. Dari permasalahan tersebut analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion), hal ini penting dalam rangka merumuskan rencana pengelolaan strategis yang akan dilaksanakan oleh perusahaan. Implementasi strategi pemasaran menggunakan metode gabungan SWOT dan 4P yaitu lebih mengacu pada 4P. Dari perhitungan diagram cartesius berada di kuadran I dengan strategi S-O (Strengths-Opportunity). Implementasi berupa perusahaan memanfaatkan kualitas produk sesuai dengan 4P. Pengaruh promosi dan harga terhadap peningkatan penjualan yaitu sangat berpengaruh. Dapat dilihat dari hasil perhitungan 4P yaitu pengaruh promosi (gencar dalam melakukan promosi dan pemasaran) dan harga (harga produk terjangkau bagi konsumen di segala kalangan) terhadap penjualan. Total Rating promosi sebesar 56, dengan persentase 28,4%. Faktor tersebut memiliki total Rating dan persentase yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi terhadap peningkatan penjualan.
Kata kunci: Analisis, Pemasaran, Strategi , SWOT, 4P
References
M. R. S. Aistiawan and D. Andesta, “Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT Guna Peningkatan Penjualan Produk Lemari di UD Abdi Rakyat,” J. Serambi Eng., vol. 7, no. 1, pp. 2683–2692, 2022, doi: 10.32672/jse.v7i1.3831.
A. B. Sulistyo, I. Rafauzi, and H. Wijaya, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Indomart dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA) Analysis Consumer Satisfaction Level of Indomart by Servqual method and Importance Performance Analysis (IPA),” J. Media Tek. Sist. Ind., vol. 6, no. 2, pp. 95–106, 2022, doi: 10.35194/jmtsi.v6i2.1938.
Y. Sinambela, Darnianti, and N. Panjaitan, “Analisis Startegi Pemasaran CV KArunia Makmur Persada (KMP) Dengan Metode SWOT,” J. Juitech, vol. 2, no. 2, pp. 56–66, 2018.
L. Herawati, D. Gustopo, and P. Vitasari, “Identifikasi Permasalahan Penjualan Dengan Metode SWOT Pada UKM Gula Merah,” J. Teknol. Dan Manaj. Ind., vol. 6, no. 1, pp. 17–20, 2020, doi: 10.36040/jtmi.v6i1.2625.
S. V. Ranita and Z. Hanum, “Revenue cost dan analisis swot dalam pengembangan usaha,” J. Bisnis Adm., vol. 5, no. 2, pp. 14–19, 2016.
T. Lantang, A. S.Soegoto, and Y. Mandagie, “Analisis penentuan strategi bersaing pada usaha pengolahan ikan Pt. Deho Canning Company Bitung,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 4, pp. 3098–3107, 2018.
Y. Hardianti and E. Martini, “Analisis Strategi 4p ( Product, Price, Place, Promotion) dan STP ( Segmenting, Targeting, Positioning) PT. Cipta Master Perkasa,” vol. 3, no. 2, pp. 1149–1154, 2016.
H. Wijaya, “Penerapan strategi pemasaran di toko atiq homeklik dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan metode analisis swot,” vol. 3, no. 6, pp. 61–72, 2018.
T. Maryanto and A. Rakhim Syahida, “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang,” J. Komun. Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 34–39, 2019, doi: 10.33366/jkn.v1i1.8.
F. W. Mamonto, W. J. F. . Tumbuan, and M. H. Rogi, “Analisis Faktor-faktor Bauran Pemasaran 4P terhadap keputusan Pembelian pada Rumah Makan Podomoro Poigar di era Normal Baru,” vol. 9, no. 2, pp. 110–121, 2021.
A. Sefudin, “Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)‘4P’Ke‘4C,’” J. Appl. Bus. Econ., vol. 1, no. 1, pp. 17–23, 2014.
A. Tunggal and S. Budi, “Pengambilan Keputusan Strategis Pemasaran di Perguruan Tinggi dengan menggunakan Analytics Hierarchy Process (AHP),” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 414–424, 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i2.2748.
N. Mubaeka and Y. Murdo, “Pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place Dan Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kedai Chocolat Es Beran Lor, Tridadi, Sleman, Yogyakarta),” Yogyakarta, pp. 55–68.
P. Cahyono, “Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang Lamongan,” J. Penelit. Ilmu Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 129–138, 2016.
P. Cahyo, “Lamongan, Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang,” vol. I, no. 02, pp. 129–138, 2016.
A. B. Sulistyo, “Peningkatan Potensi Daerah dan Pemasaran Golok di Desa Kramat Laban Kecamatan Padarincang,” J. Abdikarya, vol. 2, no. 1, pp. 26–32, 2020.
Ulus Agnes Algrina, “Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado,” J. EMBA, vol. 1, no. 4, pp. 1134–1144, 2013.
Makkarennu, T. Astuti, and Ridwan, “Strategi Pengembangan Usaha pada Industri Kayu Gergajian Melalui Pendekatan SWOT dan IFAS-EFAS Analysis,” J. Ilmu Teknol. Kayu Trop., vol. 17, no. 1, pp. 90–100, 2019.
D. A. Kurniawan, “Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS Dan EFAS,” Al Tijarah, vol. 5, no. 2, pp. 93–103, 2019.
A. M. I. Astuti and S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” J. Ilmu Manaj., vol. 17, no. 2, pp. 58–70, 2020.
C. Namugenyi, S. L. Nimmagadda, and T. Reiners, “Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts,” Procedia Comput. Sci., vol. 159, pp. 1145–1154, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.09.283.
N. Ghrachorloo, J. G. Nahr, and H. Nozari, “SWOT analysis in the General Organization of Labor, Cooperation and Social Welfare of East Azerbaijan Province with a scientific and technological approach,” vol. 1, no. 4, pp. 47–61, 2021.
A. Syafa’at and A. Wahid, “Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis SWOT Dengan Matrik IFAS Dan EFAS Di PT. Bagoes Tjipta Karya,” J. Knowl. Ind. Eng., vol. 07, no. 07, pp. 108–117, 2020.
N. S. Tumuju, A. S. Soegoto, and M. Rogi, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen DI PT. Deho Canning Company Bitung,” J. EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 78–90, 2022.
S. Syamsuryadin and C. F. S. Wahyuniati, “Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta,” Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), vol. 13, no. 1, pp. 53–59, 2017, doi: 10.21831/jorpres.v13i1.12884.
D. D. Agusrinal, “Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan,” J. Sains, Teknoligi dan Ind., vol. Vol. 11, N, no. 2, p. 2, 2014.
Y. D. Pertiwi and B. B. Siswoyo, “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Kripik Buah di Kota Batu,” Syariah Pap. Account. FEB UMS 3, pp. 231–238, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).