Pengaruh Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (Study Kasus di Cafe Wachito)
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.20433Abstract
Dengan banyaknya bisnis kuliner yang menjamur, dimungkin tingkat persaingan yang terjadi sangatlah ketat. karena itu segala upaya dilakukan oleh pemilik dalam upaya mempertahankan pelanggan. karenanya memberikan sentuhan dengan memberi ciri setiap usaha serupakan suatu keniscaan. hal ini, agar usaha yang dijalankan memberikan kepuasan kepada pelanggan dan tidak berpindah. penelitian ini dilakukan di café wachito yang bertujuan untuk mengetahui tinggan kepuasan pelanggan terhadap harga, kualitas produk dan kualitas layanan. metode yang digunakan dengan mengguanakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian variabel Fasilitas dan Harga memberikan pengaruh yang positif secara signifikan sebesar 66.5% terhadap kepuasan konsumen pelanggan Wachito di Sidoarjo, nilai signifikansi. Artinya bahwa kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan dapat diciptakan melalui harga, kualitas produk dan kualitas layanan. Sehingga kualitas pelayanan dan Mempengaruhi intensitas kunjungan yang lebih kuat sehingga peningkatan kualitas pelayanan harus berorientasi pada pelanggan.
Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas, harga, SEM
References
N. Arianty, “Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung,” J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, vol. 16, no. 2, 2016.
M. R. Fadillah, M. R. Sacky, R. Nurraudah, and F. Yuamita, “Pembuatan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Peta 3D Bagi Penyandang Tunagrahita Dilengkapi dengan Arduino Uno,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 312–321, 2022.
A. Dewangga and S. Suseno, “Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Plywood Menggunakan Metode Seven Tools, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Dan TRIZ,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 243–253, 2022.
N. Kholis, Y. Pratama, H. Tokomadoran, and V. G. Puspita, “Perancangan Kursi Roda Ergonomis Untuk Penunjang Disabilitas,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 267–276, 2022.
L. M. M. Ramdani, A. Z. Al Farity, and A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. II, pp. 85–97, 2022.
M. El Fikri, “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan,” Jumant, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2018.
J. E. Panjaitan and A. L. Yuliati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung],” DeReMa (Development Res. Manag. J. Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 265–289, 2016.
A. Anastasya and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. I, pp. 15–21, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.4.
A. D. Setiawan, A. Z. Yamani, and F. D. Winati, “Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus UMKM Ahul Saleh),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 286–295, 2022.
T. H. Koestanto and T. Yuniati, “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya,” J. Ilmu Ris. Manaj., vol. 3, no. 10, pp. 1–18, 2014.
N. M. Iskandarsyah and S. Utami, “Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Murah di Hadrah Property,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 129–141, 2017.
E. N. Istiatin, “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer PT. ramayana motor sukoharjo,” J. Paradig. Univ. Islam Batik Surakarta, vol. 13, no. 01, p. 115736, 2015.
M. Munawir, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Foto Copy Awy Comp Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi,” J. Istiqro, vol. 4, no. 2, pp. 204–215, 2018.
F. S. Lubis, A. U. Afifah, and S. Suherman, “Strategi Pengembangan Usaha Tunas Jaya Paving dengan Metode BCG dan Evaluasi Price Strategy,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 254–266, 2022.
M. A. Wagiman and F. Yuamita, “Analisis Tingkat Risiko Bahaya Kerja Menggunakan Metode Hazop (Hazard And Operability) Pada PT Madubaru PG/PS Madukismo.,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 277–285, 2022.
M. R. Yuriandhan, A. Z. Yamani, and H. Q. Karima, “Implementasi E-Sales Berbasis Open Source Sebagai Transformasi Dan Efisiensi Proses Bisnis (Studi Kasus Penjualan Lokal Pt Perkebunan Tambi),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 322–333, 2022.
L. B. Hakim and F. Yuamnita, “Identifikasi Risiko Ergonomi Pada Pekerja Percetakan Aluminium: Studi Kasus Di Sp Aluminium,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 302–311, 2022.
V. A. Rumate and J. I. Sumual, “Pengaruh Pelayanan Rumah Makan Ikan Bakar Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kelurahan Komo Luar Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 3, 2019.
I. Wardani, “Pengaruh Harga, Free Wifi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Coffee JMP Pahlawan Lamongan,” MELATI STIEKHAD, vol. 35, no. 2, p. 1, 2020.
B. Tombeng, F. Roring, and F. S. Rumokoy, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 1, 2019.
A. I. Basri, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking,” Bisman (Bisnis dan Manajemen) J. Bus. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 1–18, 2019.
A. S. Yafie and Y. Abdillah, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Dalam e-Jurnal Adm. Bisnis Vol, vol. 35, 2016.
F. Kurnia, “Analisis Akar Masalah terhadap Kurangnya Minat Dosen Perguruan Tinggi untuk Melanjutkan Studi S3,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 296–301, 2022.
Y. Nursyanti and A. Nina, “Perencanaan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Manufaktur dengan Pendekatan Probabilistik,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 333–348, 2022.
A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Ember Cat Tembok 5kg Menggunakan Metode New Seven Tools:(Studi Kasus: PT. X),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 231–242, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).