Perumusan Strategi Pemasaran Produk Rengginang Dengan Penerapan Formulasi Manajemen Strategi
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.21408Abstract
Rengginang Bunda termasuk salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang industri makanan di Kota Samarinda. UMKM Rengginang Bunda masih menerapkan promosi secara sederhana dan tidak mengikuti pangsa pasar untuk bersaing khususnya pada kalangan remaja akhir. Sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran yang cocok untuk Rengginang Bunda, agar mampu bersaing dan meningkatkan penjualan dengan penerapan formulasi manajemen strategi. Analisis strategi pemasaran dilakukan dalam 3 tahap input, pencocokan, dan keputusan. Perolehan yang didapatkan dari matriks internal sebesar 2,637, sedangkan pada matriks eksternal sebesar 2,423 dan dilanjutkan dengan tahap pencocokan menggunakan matriks CPM, IE, SWOT, Grand Strategy. Hasil dari keseluruhan metode yang digunakan untuk strategi prioritas dengan menggunakan metode QSPM dalam tahap keputusannya. Startegi yang diprioritaskan untuk dirumuskan dan diimplementasikan yaitu, melakukan modifikasi ukuran produk rengginang dengan STAS sejumlah 10,032.
References
A. Idrus, “Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir,” Jurnal Formatif, vol. 2, no. 2, pp. 140-148, 2019.
B. Statistik, “Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2021,” Akses: April 2022 [Online]. Tersedia: https://www.bps.go.id/
C. Caesavery, 2018, “Strategic Formulation (IFE, EFE, CPM, SWOT, SPACE, BCG, IE, Grand Strategy dan QSPM) by David Fred & David Forest,” Tersedia pada: https://www.caesarvery.com/2018/05/strategic-planning-ife-efe-cpm-swot.html
D. Fred, “Manajemen Strategik Edisi-15,” Jakarta:Salemba Empat, 2016.
D. A. Afra, et al, “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo,” Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol 2, no.2, pp.1473-1478, 2022.
H. Agus, S.Irwan, and B. Intan, “Analisis Strategi Pembangunan Desa Wisata Di Sentra Pengrajin Keris.” Jurnal OPSI, vol. 11, no. 1, pp. 1-13, 2018.
I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS,” 2006.
I. Ghozali, “Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19,” Semarang Badan Penerbit Fak. Ekon. Univ. Diponegoro, 2011.
I W. Raymundus, “Perencanaan Manajemen Strategis dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Business Management, vol 14, no.2 pp. 137-153, 2018.
K. Stanley, M. Fred, and N. Gregory, “The Effects Of Grand Strategy On Corporate Growth In Selected Microfinance Institutions In Kenya” Journal of Business Management, vol. 2, no. 6, pp. 1-16, 2016
L. Hakim, “Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia,” Aspirasi Jurnal Masalah-Masalah Sosial, vol.11 no.1, 2020.
M. Ali., and K. Ifa, “Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Pada Zakiyya House Bojonegoro,” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Unimus, vol 2, pp. 284-294, 2019.
N., Rahmawati, P., 2018, Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa, vol. 3, no. 1, pp. 53-62.
P.P. Kalimantan Timur Indagkop, “UMKM Kaltim Dapat Rp. 235 Miliar BPUM,” Akses: April 2022 [Online] , Tersedia: https://kaltimprov.go.id/berita/umkm-kaltim-dapat-rp235-miliar-bpum-2021
P. Kaltim, “Jumlah UMKM di Kaltim Meningkat” Akses:Februari 2022 [Online], Tersedia: http://poskotakaltimnews.com/read/2052/jumlah-umkm-di-kaltim-meningkat
R. N., A. G. Channabasappa, and K.Vishwanath, “Blind Taste Test of Soft-drinks – A Comparison Study on Coke and Pepsi”, Jurnal IJAIEM, vol. 2, no. 12, pp. 244-247, 2018.
R. Marcus, and S. Terry, “Posisi Strategi Bersaing Bisnis Pembenihan Udang Vaname Dengan Pendekatan Competitive Profil Matrix (Studi Pada Pt. Semar Emas Situbondo, Jawa Timur),” Jurnal Riset Manajemen, vol. 6, no. 1, 2019.
S.Vicky, S.Desy, and B.L. Ghati, “IFE, EFE, dan Grand Strategy Industri Kuliner, Jurnal Manajemen Bisnis Islam,” vol. 1, no. 2, pp. 159-170, 2020
S. Hany, E. Mas’ud, and S. Imam, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang),” Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, vol. 5 no. 1, pp. 46-53, 2016.
S. Agustina, “Manajemen Pemasaran” Malang:UB Press, 2011.
S. Sulharman & J. Sirait, “Modifikasi Alat Pencetak Rengginang : Studi Kasus Pada IKM UD.Yani Jaya” Jurnal Dinamika Penelitian Industri, vol. 31, no. 2, 2020.
S. P. Rani, “Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan ( Studi Kasus STIE Galileo Batam),” Jurnal Elektronik, vol.1, no.1, 2017.
T. S. Krisning, and Chriswahyudi, “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik IE, Swot Dan Ahp Untuk Mendapatkan Strategi alternatif Prioritas,” Seminar Nasional Sains dan Teknologi, vol 1, no. 1, pp. 1-9, 2017.
Y. Febrianawati., 2018, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Tarbiyah, vol. 7, no. 1, pp. 17-23, 2018.
Z. Noor., “Strategi Pemasaran 5.0,” Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).