ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA USAHA ERINA LAUNDRY
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.22331Abstract
Erina Laundry adalah usaha yang bergerak dibidang jasa pencucian. Banyaknya persaingan membuat usaha sejenis ini rentan mengalami kebangkrutan sehingga diperlukan perencanaan yang matang agar dapat bertahan lama dan mampu mengambil tindakan antisipasi jika terjadi kerugian finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Erina Laundry layak untuk dilaksanakan. Pada aspek pemasaran dengan menggunakan metode SWOT, diperoleh bahwa Erina Laundry berada pada posisi kuadran I (Growth) artinya kondisi usaha dalam keadaan tumbuh dan membangun. Berdasarkan aspek finansial, perhitungan Payback Periode menunjukkan bahwa modal usaha dapat diperkirakan mengalami payback dalam waktu 4 Bulan 21 Hari, lebih kecil dari umur bisnis yang telah berjalan selama 6 Bulan. Average Rate Of Return menunjukkan ARR yang diperoleh sebesar 44,99% yang artinya return yang dihasilkan kedepannya memungkinkan untuk melebihi tingkat keuntungan yang diharapkan, dengan nilai Net Present Value yang diperoleh bernilai postitif sebesar Rp. 1.952.731. Internal Rate Of Return menunjukkan IRR yang diperoleh lebih besar dari tingkat suku bunga acuan, yaitu sebesar 9,63%. Sementara itu, perhitungan Index Profitabilitas (PI) yang merupakan rasio antara present value arus kas dengan nilai investasi dari bisnis diperoleh lebih besar dari 1 yaitu sebesar 1,140. Dengan demikian, Erina Laundry layak untuk dilanjutkan.References
Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 11-25.
Kaloh, O., Pelleng, F. A., & Rogahang, J. J. (2021). Analisis SWOT dalam Orientasi Pengembangan Produksi dan Pemasaran Bahan Sayuran Di Desa Mooat. Productivity, Vol. 2(3), 44-48.
Pamungkas, S. A. (2020). Akuntansi Aktiva Tetap Guna Mendukung Kewajaran Laporan Keuangan (Studi Kasus pada PT. Perkebunan Nusantara X PG. Ngadiredjo Kediri). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 1(2), 25-36.
Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media.
Alfajri, I., Latief, F., Widiawati, A., & Khaer, A. U. (2023). Analisis Kelayakan Usaha Minuman Daeng Fruit’s di Makassar. Jurnal Malomo: Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 42-56.
Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyadi, A. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Yola, M., & Hardiyanti, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Roti Berbasis Syariah di Indonesia. CIEHIS Prosiding, 1(1), 91-98.
Subecty, K. A., Adel, J. F., & Ratih, A. E. (2022). Analisis Kelayakan Usaha (Revenue Cost Ratio dan Payback Period) Penangkapan Ikan Teri dengan Alat Tangkap Pukat Cincin di Desa Pangkil Kecamatan Teluk Bintan Kabupaten Bintan. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Ekonomi, 3(1), 121-126.
Herwanto, I. J., Mukti, A. H., & Wibowo, E. W. (2021). Analisis Kelayakan dalam Kajian Perspektif Keuangan dan Analisis Sensitifitas (Studi Kasus pada Pembangunan Hotel Teraskita Mataram). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 4(1), 11-23.
Abuk, G. M., & Rumbino, Y. (2020). Analisis Kelayakan Ekonomi menggunakan Metode Net Present Value (NPV), Metode Internal Rate Of Return (IRR) Payback Period (PBP) pada Unit Stone Crusher di CV. X Kab. Kupang Prov. NTT. Jurnal Teknologi, 14(2), 68-75.
Zakaria, A. (2019). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Tani Kopi Arabika (Coffea arabica) di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Agroscience, 9(1), 34-40.
Jalaludin, J. (2021). Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Depot Air Minum Isi Ulang (Studi Kasus Pada RO Qua Kabupaten Lahat). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(3), 371-376.
Amili, F., Rauf, A., & Saleh, Y. (2020). Analisis Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa, L) serta Kelayakannya di Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 4(2), 89-94.
Wicaksono, H., Swantari, A., & Festivalia, F. (2021). Analisis Kelayakan Investasi Kedai Seafood. IKRAITH-EKONOMIKA, 4(2), 142-150. Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyadi, A. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Rosady, R. (2013). Metode Penelitian Komunikasi dan Public Relations. Jakarta: Grafindo Persada.
Aisyah, S., & Fachrizal, M. H. (2020). Analisis Finansial dan Sensitivitas usaha penggilingan padi. Paradigma agribisnis, 3(1), 50-63.
Akbar, M. (2022). Analisis Swot untuk Menentukan Strategi Pemasaran Jasa Laundry Pada CV. Bos Clean Laundry di Karawaci Tangerang. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(9), 1341-1346.
Siregar, L. V., Rokan, M. K., & Harahap, I. (2019). Analisis Prospek dan Strategi Pengembangan Usaha Jasa Syariah. At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 5(1), 83-97
Sudiartini, N. W. A., Astari, A. A. E., Laksmi, N. P. A. D., & Damayanti, N. L. P. (2021). Studi Kelayakan Bisnis pada Usaha Sari Merta Laundry di Desa Guwang Kecamatan Sukawati. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 6(2), 116-142.
Wicaksono, D., Baga, L. M., & Novianti, T. (2021). Formulasi Strategi Unit Bisnis Laundry Sepatu (Studi Kasus Darmawan Wash Shoe Bogor). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 7(2), 356-356.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).