Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.22429Abstract
Perkembangan era digital mempengaruhi banyak sektor, salah satunya dalam pemasaran produk. Salah satu cara memasarkan produk di era digital adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran melalui iklan produk. Tingginya penggunaan media sosial oleh masyarakat merupakan peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan pasarnya dan tanpa batas. TikTok akan menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Salah satu produk yang banyak diiklankan di media sosial adalah produk kosmetik yang saat ini semakin kompetitif di pasaran. Maka, diperlukan penerapan strategi pemasaran produk yang tepat untuk menarik perhatian konsumen melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok sebagai media promosi produk kosmetik dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk kosmetik, selanjutnya sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam memilih cara beriklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan data yang digunakan dari hasil rekapitulasi kuesioner yang berisi variabel penelitian yaitu gambar, audio visual, promosi, informasi, dan model periklanan. Hasil yang diperoleh adalah variabel yang memiliki nilai thitung > ttabel 5,23 > 1,98 dan 4,32 > 1,98 yang artinya terdapat pengaruh positif variabel promosi dan model iklan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Sehingga diperlukan adanya inovasi berkelanjutan untuk mempertahankan ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian produk kosmetik.
References
C. M, Social Media Security, 1st ed. United Stated of Amerika: Syngress, 2013.
K. Fadhli and N. D. Pratiwi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 603–612, 2021.
T. Fandy, Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia, 2011.
M. I. Mahdi, “Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022,” DataIndonesia.id, 2022.
D. Jemadu, Liberty & Prastya, “Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022,” Suara Tekno.com, 2022.
Selo Winarmi, “Pengaruh Iklan Instagram Dan Tiktok Terhadap Eksistensi Pelanggan Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19 Di Yogyakarta,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 12, no. 2, pp. 2013–2015, 2021.
N. Haasiani, “Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing,” Compas, 2022.
D. Yuliastuti, “Prospek Industri Kosmetik Kian Cantik di 2022,” Fortune Indonesia, 2022.
H. Praisra, TikTok Bukan Media Sosial Lho... Bandung: Republika, 2019.
L. Azizah, J. Gunawan, and P. Sinansari, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 2, 2021.
S. Zayyan and Saino, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan,” J. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 282–291, 2021.
S. E. Zaluchu, “STRATEGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF DI DALAM PENELITIAN AGAMA,” J. Teol. Injili dan Pembin. Warga Jemaat, vol. 4, no. 1, pp. 28–38, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
M. I. Mahdi, “Produk Perawatan Kulit Paling Banyak Dipakai Menurut Gender,” DataIndonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/varia/detail/ini-produk-skincare-paling-banyak-dipakai-pria-dan-wanita (accessed Apr. 25, 2023).
Singgih E Prasetyo, “Batasan usia saat menggunakan kosmetik,” Alodokter, 2020. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/dimulai-umur (accessed Apr. 25, 2023).
A. N. Maharadja, I. Maulana, and B. A. Dermawan, “Penerapan Metode Regresi Linear Berganda untuk Prediksi Kerugian Negara Berdasarkan Kasus Tindak Pidana Korupsi,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 1, pp. 95–102, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i1.3184.
A. A. Satria, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36,” vol. 2, no. April, 2017.
Marwani and A. Maulana, “Pengaruh Media Sosial Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang),” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj. TERAKREDITASI SINTA, vol. 4, no. 3, pp. 605–619, 2021.
M. A. Rizal, I. Saidatuningtyas, and V. C. Melati, “Persepsi Pengguna Layanan Sistem E-Procurement Pengadaan Barang dan Jasa Pada PT . Sapta Sari Tama,” Invent. Ind. Vocat. E-JOURNAL AGROINDUSTRY, vol. 3, no. 1, pp. 16–20, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).