Meminimalisir Produk Cacat Pada Produksi Batik Cap Menggunakan Penerapan Metode Six Sigma Dan Kaizen
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v9i2.23442Abstract
PT Batik Danar Hadi Pabelan adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak dibidang industri tekstil khususnya produk batik. Pada proses produksi PT Batik Danar Hadi Pabelan mengalami permasalahan yaitu tingginya tingkat cacat. Berdasarkan pengumpulan data jumlah cacat dibulan Februari 2023 sampai Maret 2023 terdapat tiga jenis cacat yaitu cacat cetak sebanyak 23 kain, cacat warna sebanyak 19 kain, dan cacat bahan sebanyak 13 kain. Jenis cacat pada produk batik cap yang perlu diperbaiki terlebih dahulu adalah cacat cetak karena jumlah cacatnya yang paling banyak. Tujuan peneliti adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan cacat cetak pada produk batik cap, mengetahui tingkat cacat yang dihasilkan, dan meminimalkan tingkat cacat yang dihasilkan pada proses produksinya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penerapan metode dari enam tahap kaizen beserta alat kaizen (5W+1H dan 5S) dan six sigma. Tahap pertama menentukan tema, tahap kedua memahami situasi dan menentukan target, tahap ketiga melakukan identifikasi akar masalah, tahap keempat menentukan rencana perbaikan, tahap kelima melaksanakan perbaikan, dan tahap keenam membandingkan hasil sebelum dengan sesudah perbaikan. Hasil perbaikan dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang dimana hasil nilai level sigma mengalami peningkatan yaitu dari 3.43 menjadi 3.76.
Kata kunci: Kualitas, Kaizen, Six Sigma, 5W+1H, 5S
References
H. C. Wahyuni, Buku Ajar Pengendalian Kualitas Industri Manufaktur Dan Jasa. 2020. doi: 10.21070/2020/978-623-6833-79-7.
R. Virona M, Analisis Produktivitas dan Efisiensi, 1st ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2019.
S. K. Habsari, “Analisis Pengendalian Kualitas produk Pada Aywinda Batik Di Tegalsari Banyuwangi,” p. 56, 2019, [Online].
Available: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96574
N. Hairiyah, “Penerapan Six Sigma dan Kaizen Untuk Meperbaiki Kualitas Roti Di UD. CJ Bakery,” J. Teknol. Ind. Has. Pertan., vol. 25, no. 1, p. 35, 2020,
doi: 10.23960/jtihp.v25i1.35-43.
L. K. Fitriani and A. T. Putry, “Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Untuk Menekan Tingkat Kerusakan Produk,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 5, p. 133, 2020,
doi: 10.36418/syntax-literate.v5i5.1160.
A. Sutaryono, “Usulan Peningkatan Kualitas Kain Batik Semi Tulis menggunakan Metode Six Sigma,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, p. 48, 2020,
doi: 10.24014/jti.v5i1.6765.
A. Y. Pradana, “Peningkatan Produktivitas Produksi Kain Batik Menggunakan Metode Lean Dan Kaizen Di UMKM Sanggar Batik Jumputan Maharani,” J. DISPROTEK, vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2020,
doi: 10.34001/jdpt.v11i1.884.
W. Hidayat, T. Ristyowati, and G. M. Putro, “Analisis Beban Kerja Fisiologis sebagai Dasar Penentuan Waktu Istirahat untuk Mengurangi Kelelahan Kerja,” Opsi, vol. 13, no. 1, p. 62, 2020,
doi: 10.31315/opsi.v13i1.3469.
P. Purwadi, “Pengaruh Pengawasan Langsung dan Tidak Langsung terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Prasarana Wilayah Kota Samarinda,” Akuntabel, vol. 14, no. 2, p. 187, 2018,
doi: 10.29264/jakt.v14i2.1911.
M. Chudori, “Usulan Peningkatan Kualitas Pada Proses Produksi Dengan Metode Lean Six Sigma dan Kaizen (Studi Kasus: CV Indra Daya Sakti),” Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Surakarta, p. 15, 2020.
F. Al Choir, “Pelaksanaan Quality Control Produksi Untuk Mencapai Kualitas Produk Yang Meningkat (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang),” vol. 1, no. 4, pp. 2598–2893, 2018.
M. Kurnianingtias, A. R. Heryadi, D. Purwanningrum, G. Y. Astrini, H. Khairunnisa, and L. N. I. Sari, “Analisis Penyelesaian Permasalahan Bottleneck pada Lini Produksi di Pabrik Tekstil dengan Metode Kaizen,” J. Rekavasi, vol. 7, no. 1, 2019.
N. Kadek and R. Sari, “Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Pie Susu Pada Perusahaan Pie Susu Barong Di Kota Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Persaingan di dalam industri baik jasa maupun manufaktur tidak hanya dala,” vol. 7, no. 3, pp. 1566–1594, 2018.
M. Mahachandra, R. Rumita, W. N. Aisyah, and M. Tohari, “Mahachandra M, Rumita R, Aisyah WN. Analisis Lingkungan Kerja Pengrajin Batik Tulis Pada Pekerja Tetap Dan Pekerja Borong Lepas Di Desa Wisata Jarum. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri.;17(3):212-8.,” vol. 17, no. 3, pp. 212–218, 2022.
D. Sjarifudin, H. Kurnia, H. H. Purba, and C. Jaqin, “Implementation of six sigma approach for increasing quality formal men’s jackets in the garment industry,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 6, no. 1, pp. 33–44, 2022, doi: 10.30656/jsmi.v6i1.4359.
S. E. Rahmayanti, “Pengaruh Pelatihan, Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Rumah Batik Rolla Di Kabupaten Jember,” 2018, [Online].
Available:https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89704%0Ahttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/89704/Saputri Eka Rahmayanti-150810201308.pdf?sequence=1
A. Intan and Lady Deamonita, “Pengendalian Kualitas Tas Tali Batik Di PT. XYZ Dengan Menggunakan Metode Six Sigma,” Semin. Dan Konf. Nas. IDEC, pp. 7–8, 2018.
N. A. Ma’arif, “Pengendalian Kualitas Pada Produk Batik Printing Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: Divisi Printing PT . Dan Liris , Sukoharjo),” 2019.
M. Nasution, A. Bakhori, and W. Novarika, “Manfaat Perlunya Manajemen Perawatan Untuk Bengkel Maupun Industri,” Bul. Utama Tek., vol. 16, No. 3, pp. 248–252, 2021.
S. N. Evita, W. O. Z. Muizu, and Raden Tri Wayu Atmojo, “Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management By Objectives (Studi kasus pada PT Qwords Company International),” Pekbis J., vol. 9, no. 1, pp. 18–32, 2019.
L. P. Riani and A. N. Ramadhan, “Implementasi 4QC Tools Dan IOT Sebagai Pengendali Kegagalan Produk Usaha Batik Fendy, Klaten,” Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 14–26, 2020,
doi: 10.31334/abiwara.v2i1.1051.
F. A. Amrin and E. Yuliawati, “Pengendalian Kualitas Kain Batik Tulis Dengan Metode Six Sigma Dan Failure Mode Effect And Criticality Analysis,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. IX 2021, 2021.
Amirudin and P. Dewi Masruroh, “Implementasi Konsep Kaizen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan,” Akademika, vol. 18, no. 1, pp. 66–76, 2020.
D. F. Viranda, A. D. Sari, M. R. Suryoputro, and N. Setiawan, “5S Implementation of SME Readiness in Meeting Environmental Management System Standards based on ISO 14001:2015 (Study Case: PT. ABC),” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 722, no. 1, pp. 0–11, 2020,
doi: 10.1088/1757-899X/722/1/012072.
Rahmawati and Soehardi, “Pengaruh Budaya Kaizen ( 5S ), Teknologi Dan Inovasi,” J. Ilm. Manaj. Ubhara, vol. 2, pp. 125–155, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).