Perancangan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Swot di CV. Sekar Sari Roti Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v2i2.5100Abstract
CV. Sekar Sari Roti merupakan industri pembuatan roti seperti roti manis, tawar, selai dan lain-lain. CV. Sekar Sari Roti mempunyai target produksi sebesar 9000 unit/bulan. Dengan tingginya target yang ingin di capai, sehingga perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran. Ketatnya persaingan industri yang berada dikawasan Pekanbaru menyebabkan berkurangnya pangsa pasar dan pemasaran produk tidak merata Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah Perusahaan dapat mengetahui posisi strategi organisasinya saat ini yang dilihat dari faktor ekternal dan faktor internal serta mengetahui posisi strategi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode SWOT. Melalui penerapan metode SWOT ini, CV. Sekar Sari Roti dapat merancang strategi pemasaran dan posisi strategi perusahaan dengan tahapan penilaian faktor Internal dan eksternal serta diagram SWOT dan analisa diagram fishbone. Berdasarkan metode SWOT menunjukkan posisi strategi di CV. Sekar Sari Roti berada pada kuadran II Stability yaitu memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada.References
Afrillita, Nur. Analisa SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor. Vol 10 No. 3 (2013).
AG, Hartono, Tri, Sigit. Analisa SWOT dan penetapan strategi pemasaran. Vol. 1 No. 1 April 2013
Dajan, Anto. Pengantar metode statistic jilid 1, Jakarta. 1986
Diniaty, Dewi, Agusrinal. Perancangan strategi pemasaran anyaman pandan. Vol. 11 No. 2, Juni 2014.
Erhard, Valentine K. Away with SWOT analysis use defensive/offensive evaluation instead . Vol. 21 No. 2, Maret 2005.
Freedy, Rangkuti. Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta. 1996
Freedy, Rangkuti. SWOT Balanced Score Card, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2011
Gazpers, Vincent. Statistik dan Probabilitas, Penerbit Gramedia. 2003
Gay, L.R dan Diehl, P.L (1992), Research Methods for Business and Management, Macmillan Publishing Company, New York
Nugroho, Ryan. Pengaruh people, physical evidence, product, promotion, price and place terhadap tingkat kunjngan di café coffe cozies. Vol. 1 No 2 (2003).
Putra, Dedi. Position analysis and marketing strategy in using its competition analytical herarchy proses (AHP), competitive profile matrix ( CPM ) and internal external matrix (Matrix IE). Skripsi Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ridwan. Belajar mudah penelititan Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung. 2005
Rifqi, Farid. Analisis strategi Dea Cake and Bakery di kota Kepanjen. Vol 2 No 12 maret 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).