Analisa Sistem Antrian Loket pada PT. Tiki Jalan Teuku Umar Pekanbaru dengan Menggunakan Software Arena
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v2i2.5104Abstract
PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang (kurir), sudah memiliki pengalaman dalam melayani jasa pengiriman barang ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, Sehingga menjadi suatu masalah bagi perusahaan ini mengenai sistem antriannya, terlihat bahwa rata-rata proses pelayanan sebesar 12,95 menit sedangkan rata-rata waktu kedatangan sebesar 2,5 menit. Maka terjadi antrian panjang karena adanya pelayanan yang membutuhkan waktu yang lama untuk bertransaksi dengan jumlah waktu yang terlalu besar, mengatasi masalah yang kaitan dengan antrian salah satunya adalah melakukan analisis pada sistem pelayanan dengan menggunakan teori antrian yang disimulasikan kedalam software ARENA 14.0. Dibandingkan skenario awal yang rata-rata waiting time sebesar 0,6 dan utilitas 0,8625 dengan skenario terpilih yaitu skenario 3 yang rata-rata waiting time didapatkan sebesar 0,119 dan utilitas sebesar 0,5686, karena pelanggan yang datang dengan pelanggan yang keluar hampir sama, tidak banyak pelanggan yang tertinggal didalam, sehingga semua pelanggan dapat terlayani. Dapat dikatakan pada skenario 3 loket tidak sibuk dan waktu tunggu pada skenario 3 dapat terasi baik dengan penambahan 3 loket lagi. Penerapan pada perusahaan akan mengalami keuntungan besar karena pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang cepat dan baik.References
Adriana. H, Perbaikan Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Loket Satu Jamkesmas Di RSUD Rd. Moewardi Surakarta Dengan Metode Business Process Improvement Dan Simulasi. Surakarta. 2010
Ahse. N. S, dkk, Analisis Sistem Antrian Untuk Menentukan Tingkat Pelayanan Yang Optimal Pada Kasir (Server) Rumah Makan Kober Mie Setan Malang Dengan Metode Simulasi. Malang.2012
Ginting P. J, Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi L ayanan Teller (Studi Kasus Pada Bank X di Kota Semarang). Semarang. 2013
Gurusinga. P, Sibarani. R, Analisis Rata-rata Nilai Fisika Dengan Metode Ekspositori dan Inkuiri Di Fakultas Teknik Universitas Satya Negara Indonesia. Jakarta. 2011
Handoko. L. M, Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pada Operasional Toko di Supermarket UFO (United Fashion Outlet). Surabaya. 2013
Hardiwinoto, Perilaku Rasional Para Manajer Dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan Melalui Bank Syariah. Semarang. 2011
Julasmari. F dan Rahmadani. D, Simulasi Antrian Pelayanan Kasir Swalayan Citra di Bandar Buat, Padang. Padang. 2011
Law. A. M. dan Kelton. W. D, Simulation Modelling And Analysis, Second Edition, Mc-Graw-Hill: International. Singapura. 1991
Nursanti. I, dkk, Analisis Perbaikan Sistem Antrian Pelanggan Skin Care XYZ Dengan Menggunakan Model Simulasi. Surakarta. 2015
Sayuti. A. J, Pentingnya Standar Operasional Prosedur Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Dalam Perusahaan. Palembang. 2012
Setia Budi. H. P dan Siswanto. N, Simulasi Perbaikan Proses Bisnis Instalasi Gawat Darurat Dengan Metode Event-Driven Process Chain (EPC) (Studi Kasus: RSU Haji Surabaya). Surabaya. 2012
Staublish, M. J, Pujawan, I. N, Evaluasi Dan Simulasi Perbaikan Order Fulliment Process Pada Pupuk Urea Bersubsidi Dengan Pendekatan Lean Distribution (Studi Kasus: Kantor Pemasaran Jatim - PT. Pupuk Kaltim Tbk ). Surabaya. 2009
Sugiarto. F dan Buliali. J. L,Implementasi Simulasi Sistem Untuk Optimasi Proses Produksi Pada Perusahaan Pengalengan Ikan. Surabaya.2002
Wahyuningsih. S, Perancangan Aplikasi Sistem Antrian Service Mobil Pada Bengkel Waris Sibolga Menggunakan Metode Multi Channel - Multi Server. Medan. 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).