Analisis Kapasitas dan Karakteristik Fasilitas Parkir Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v4i1.6035Abstract
Peningkatan jumlah mahasiswa, dosen dan pegawain di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah pengguna kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Laju pertumbuhan kendaraan menimbulkan permasalahan dalam sistem perparkiran baik dari segi kapasistas maupun pengelolaan. Untuk mengevaluasi kapasitas dan mengidentifikasi kebutuhan parkir analisis kapasitas dan karakteristik parkir pada fasilitas parkir Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dilakukan dalam penelitian ini. Survey inventarisasi dan survey kebutuhan parkir dilakukan sebagai data dalam analisis ini. Kebutuhan area parkir mengaju kepada standar satuan ruang parkir (SRP) yang dikeluarkan oleh Ditjen Perhubungan Darat,1996. SRP untuk kendaraan roda-4 yang tersedia di Fakultas Sains dan Teknologi telah memenuhi kebutuhan. SRP yang tersedia adalah 736m2 dengan kapasitas 64 mobil sedangkan kebutuhan adalah sebesar 471,5m2 dengan kapasitas 41 mobil. Kelebihan SRP adalah 264,5m2 dengan kapasitas 23 mobil atau 56,10%. SRP untuk sepeda motor yang tersedia di Fakultas Sains dan Teknologi belum bahkan jauh kekurangan dari yang dibutuhkan. SRP yang tersedia adalah 300m2 dengan kapasitas 200 sepeda motor sedangkan kebutuhan adalah sebesar 3.616,5m2 dengan kapasitas 2.412 sepeda motor. Kekurangan SRP adalah sebesar 3.316,5m2 dengan kapasitas 2.212 sepeda motor atau 92,70%. Dengan memanfaatkan semua kawasan Fakultas Sains dan teknologi yang tersedia didapatkan SRP jumlah setelah ditambahkan adalah sebesar 1.260m2 dengan kapasitas 840 kendaraan roda-2 atau 34,84%. Artinya SRP untuk kendaraan roda-2 masih kekurangan sebesar 65,16%.Pihak fakultas perlu melakukan koordinasi dengan pihak rektorat untuk menentukan kawasan yang bisa dimanfaatkan dalam rangka memenuhui kebutuhan SRP sepeda motor tersebut.
References
Al-Qur'an dan Terjemahannya Edisi Baru Revisi, Departemen Agama RI, Semarang: CV.TOHA PUTRA, 1976
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta : Dit BSLLAK, 1996
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta : Dit BSLLAK, 1998
Dirganakbari. Mh. I, Hayati. N. Nuring, Suyoso. H Penyediaan Fasilitas Parkir Di Pusat Perbelanjaan Roxy Square Kabupaten Jember, 2015
http://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/view/1851
Munawar, A. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset, 2005
O’Flaherty, C. A. Transport Planning and Traffic Engineering 4th edition. Edmonton: Arnold Publishing, 1997
Oppenlander, J.C. and Box P.C. Manual of Traffic Engineering Studies, 4th edition, Institute of Transportation Engineering Washington DC, 1976
Suthanaya, Putu. A. Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Pusat Perbelanjaan Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14, No. 1, Januari 2010 Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar, 2010
Tamin, O. Z. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2002
Warpani, S. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 1990
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).