Perencanaan Strategi Pemasaran Telur Ayam untuk Meningkatkan Penjualan pada Peternakan Budi Daya Alam Lestari dengan Metode Marketing Mix dan Topsis
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v4i2.6197Abstract
Peternakan Budi Daya Alam Lestari merupakan usaha yang bergerak dibidang unggas yaitu telur ayam. Permasalahan yang dihadapi oleh Peternakan budi daya alam lestari ini yaitu menurunnya jumlah pendapatan dan terus meningkatnya biaya pokok dalam perawatan unggas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan telur dengan metode Marketing Mix dan menentukan strategi terpilih dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan metode Marketing Mix terdapat dua faktor yang mempengaruhi penjualan telur ayam yaitu dimensi promosi dan harga . Pemilihan strategi pemasaran dilakukan dengan Ratting Scale jawaban konsumen dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil pengolahan data dari Ratting Scale dimensi yang menduduki skor tertinggi adalah dimensi promosi dengan nilai 0,78, dan dimensi harga dengan nilai 0,22. Strategi pemasaran terpilih dari hasil pengolahan metode TOPSIS adalah alternatif 1 yaitu dimensi promosi dengan nilai 0,78 dimana perusahaan berusaha untuk melakukan promosi yang cukup besar yaitu memberikan diskon harga pada biaya transportasi ongkos kirim untuk diantar ke konsumen yang tidak membeli secara langsung, memberikan potongan harga apabila membeli telur dalam jumlah besar, dengan tujuan dapat menarik pelanggan baru, mendorong pelanggan membeli lebih banyak dan dapat mengupayakan kerja sama yang cukup erat. juga meningkatkan promosi dapat diperoleh tidak hanya dari mulut ke mulut tetapi juga dari media social seperti facebook, instagram, whatsapp dan radio.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, TOPSISPerencanaan Strategi Pemasaran Telur Ayam untuk Meningkatkan Penjualan pada Peternakan Budi Daya Alam Lestari dengan Metode Marketing Mix dan Topsis
References
Ansofino. 2016. “Integrasi Perekonomian Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat Menuju Integrasi Pasar Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”. Jurnal IPTEKS Terapan. STKIP PGRI. Sumatera Barat.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penertbit Rineka Cipta. Jakarta.
Arvianto. A. 2014. “Pemilihan Strategi Pemasaran Pada PT. Nyonya Meneer dengan Menggunakan Pendekatan Metode ANP dan TOPSIS” Jurnal J@ti Undip, Volume 9, No.1. Januari.. Available
Azmi, M. 2013. “Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Memilih Usaha Waralaba Makanan Menggunakan Metode Topsis”. Jurnal Elektron Volume 5 Nomor 2 Desember, 2013. Politeknik Negeri Padang.
Basyaib, F. 2004. “Teori Pembuatan Keputusan”. Gramedia Widiasarana Indonesia. PT Grasindo. Jakarta.
Cannon, P. Perreault dan Charthy.2008. “Pemasaran Dasar Basic Marketing Pendekatan Manajerial Global”. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.
Eriyanto. 2007. “Teknik Sampling Analisis Opini Publik”. PT LkiS Pelangi Aksara. Yogyakarta.
Ibnularoby,. 2013. “Persepsi Konsumen Terhadap Marketing Mix-7P pada Perusahaan PO.SAN Bengkulu”.
Lvy, Jonathan., 2008. “A New Higher Education Marketing Mix The 7Ps For MBA Marketing”. City University, Birmingham. UK.
Nasution, Rozaini. 2003.“Teknik Sampling”. Tugas Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (Digized by USU Digital Library). Medan.
Nofriansyah, D. 2014. “Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan”. Deepublish. CV Budi Utama. Yogyakarta.
Pardede, P, P., 2011. “Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan”. Terbitan Ketujuh. Halaman 23-25, 33-34, Terbitan Mitra Wacana Media.
Rendy,. Defie. “Analisa Pengaruh Activity Based Costing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Organisasi”. Jurnal Business Accounting Review Vol. 1, No. 2, Jurusan Akuntansi Bisnis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Santoso, S. 2017. “Statistik Multivariat Dengan SPSS”. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Suharyanto, H. 2003. “Langkah Pertama Jadi Pengusaha UMKM”. Jubilee Enterprise.
Tjiptono, F, Chandra, G,Dan Adriana, D,. 2008. “Strategi Pemasaran”. Edisi Pertama, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Umar. H. 2003. “Metode Riset Bisnis Dilengkapi”. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Wicaksono, Y. 2006. “Ssbbti: Apl. Exel Menganalisis Data+cd”. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Zulfikar. 2016. “Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika”. Grup Penerbitan CV Budi Utama. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).