Optimalisasi Rute dan Penjadwalan Pengangkutan Sampah di Kota Pekanbaru (Kec. Tampan) Menggunakan Metode Saving Matrix (Studi Kasus: UD. Salacca Tapanuli Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v5i1.6620Abstract
ABSTRAK
Sampah menjadi masalah yang cukup rumit bagi beberapa Kota seperti di Pekanbaru khususnya di
kecamatan Tampan. Permasalahan sampah tidak hanya pada volumenya saja, namun masih terdapat
penumpukan sampah di suatu lingkungan rumahan dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sehingga
mencemari udara dan lingkungan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute optimal
pengangkutan sampah di kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, mengetahui jadwal pengangkutan sampah
di kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya
menjaga kebersihan lingkungan menurut pandangan agama islam melalui safari dakwah kesetiap masjid.
Metode Saving Matrix merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menjadwalkan sejumlah
kendaraan terbatas untuk mengirimkan barang produksinya ke konsumen dengan meminimumkan jarak
tempuh dan Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan sebuah pencarian atas cara penggunaan yang
efisien dari sejumlah vehicle yang harus melakukan perjalanan untuk mengunjungi sejumlah tempat untuk
mengantar dan menjemput barang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada dump truck A total jarak
DLHK-TPS1-TPS2-TPA-DLHK sebesar 64,5 km, dump truck B total jarak DLHK-TPS1-TPS3-TPS4-
TPA-DLHK sebesar 74,2 km, dump truck C total jarak DLHK-TPS6-TPS5-TPS7-TPA-DLHK sebesar
68,5 km, dump truck D total jarak DLHK-TPS5-TPS7-TPS9-TPA-DLHK sebesar 70,3 km¸ dump truck E
total jarak DLHK-TPS10-TPS8-TPA-DLHK sebesar 63 km¸ dump truck F total jarak DLHK-TPS10-
TPS12-TPA-DLHK sebesar 65 km¸ dan dump truck G total jarak DLHK-TPS11-TPS14-TPS13-TPA-
DLHK sebesar 69,1 km dengan jadwal pengangkutan satu hari sekali setiap jenis dump truck.
Kata Kunci: Penjadwalan; Rute; Saving Matrix; Vehicle Routing Problem (VRP)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).