Analisa Tingkat Pengetahuan Keislaman Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Keislaman Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)

Authors

  • Ismu Kusumanto UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/jti.v5i1.8977

Abstract

Visi UIN Suska Riau yang menintegrasikan ajaran Islam, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan/atau Seni menuntut kesiapan civitas akademika untuk mewujudkannya. Kesiapan tersebut dapat dilihat salah satunya dari tingkat pengetahuan ajaran Islam beserta ilmu-ilmu pendukungnya sebelum melakukan integrase dengan ilmu pengetahuan umum dan teknologi dan/atau seni. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode AHP untuk melihat tingkat pengetahuan ajaran Islam para dosen yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Factor yang cukup baik adalah pengenalan kosa kata umum bahasa Arab dan Pengetahuan dasar al-Qur’an. Sedangkan faktor yang kurang baik adalah pelaksanaan ibadah dan wawasan umum keislaman. Sementara factor yang sangat tidak baik adalah tokoh Islam dan sejarah Islam  dan pengetahuan hadits. Berdasarkan hasil penelitian maka perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman dosen Fakultas Sains dan Teknologi berdasarkan prioritas adalah sebagai berikut Pembelajaran bahasa Arab (sebagai dasar memahami teks ajaran agama Islam), Pembelajaran al-Qur’an sebagai pedoman utama umat Islam, Pembelajaran hadist sebagai penjelasan ayat-ayat al-Qur’an dan pedoman umat Islam, Peningkatan pelaksanaan ibadah dan muamallah, Pembelajaran terkait tokoh dan sejarah Islam yang telah menginspirasi dunia sehingga timbul motivasi, dan Peningkatan wawasan keislaman

References

Ambat, Harto Embung. 2014. Dikotomi ilmu dalam peradaban Islam. Pustaka Dunia, Jakarta

Dalimunthe, Nurmaini dan Khairunsyah Purba. 2015. Impelemntasi integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (Studi komparatif antara UIN Suska Riau dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). LPPM UIN Suska Riau, Pekanbaru

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Noor, Juliansyah. 2011. Metdologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana. Jakarta.

Thoyyar, Huzni. 2009. Model-model integrasi ilmu dan upaya membangun landasan keilmuan : Survey literatur terhadap pemikiran Islam kontemporer. Makalah Annual Conference Islamic studies IX. 4 Nopember 2009

Ukkasyah, Sa'id Abu. 2015. Skala Prioritas dalam Belajar Agama Islam. Available : http://www.alifta.net

Downloads

Published

2020-01-17

Issue

Section

Articles