Perancangan Strategi Pemasaran Berdasarkan Tipe Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Asuransi Jiwa di Kota Pekanbaru (Studi Kasus: Perkantoran Sudirman Raya Pekanbaru Kota)
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v1i1.9166Abstract
Perilaku konsumen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan market share, karena konsumen merupakan komponen lingkungan yang mampu mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Informasi ini tentunya sangat penting untuk menerapkan strategi pemasaran. Objek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan asuransi jiwa yang ada di kota Pekanbaru. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner ke Perkantoran Sudirman Raya Pekanbaru. Dengan diketahuinya tipe-tipe perilaku konsumen yaitu perilaku konsumen mengurangi keraguan, dimana tingkat keterlibatan konsumen dalam memilih produk tinggi sedangkan perbedaan merek tidak signifikan maka dapat disusun strategi pemasaran untuk perusahaan asuransi jiwa di Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian dapat diketahui 2 jenis perusahaan asuransi jiwa, yaitu perusahaan yang tergolong market leader seperti AJB Bumiputera dan perusahaan yang tergolong follower seperti: Prudential, Jiwasraya, Allianz, AXA, dll. Strategi pemasaran untuk perusahaan market leader yaitu: Bancassurance, Diffrensiasi, Focus, dan Unit bisnis. Sedangkan strategi pemasaran untuk perusahaan follower yaitu: Bancassurance, Diffrensiasi dan Unit link.
Kata Kunci: Asuransi, Konsumen, Kuesioner, Strategi.
References
Kuncoro. Mudrajad, 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta, PT. Erlangga.
Istijanto, 2009, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kartajaya. Hermawan, 2005, MarkPlus on Strategy, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono. Fandy, dkk, 2008, Pemasaran Strategik, Yogyakarta, PT. Andi.
Hasan. Ali, 2008, Marketing, Yogyakarta, PT. Media Pressindo.
Mulyani Sri, 2007, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Tabungan Perbankan Syariah, www. Eprints.ums.ac.id.
Kottler. Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Prenhallindo.
Peter. Paul J, 1999. Consumer Behavior (Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran). Jakarta, Erlangga.
Simomora. Bilson, 2003, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Simomora. Bilson, 2003, Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suliyanto. 2005, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Bogor. PT. Ghalia Indonesia.
Setiadi. Nugroho, 2003, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta. PT. Kencana Perdana Media Group.
Marzorilla, 2007, Analisis Tipe dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan, Skripsi Sarjana Sains, UIN SUSKA, Pekanbaru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).