Perancangan Eksperimen untuk Meningkatkan Kualitas Produk Kerupuk Palembang dengan Mengunakan Metode Taguchi (Studi Kasus: UKM Dua saudara)
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v1i1.9167Abstract
Tidak semua produk yang ditawarkan pada konsumen akan mampu bersaing dalam mendapatkan pasar. Tingginya tingkat persaingan dipasar ditentukan oleh spesifikasi dari produk yang ditawarkan tersebut. Hanya produk yang sesuai dengan spesefiasi dan ekspektasi dari konsumen yang akan mampu bertahan, sehingga tidak ada cara lain dari perusahan untuk meningkatkan kualitas produknya. PT Dua Saudara salah satunya. Sebagai salah satu perusahan yang bergerak dalam pembuatan kerupuk tentu saja PT Dua saudara harus berbenah dengan meningkatkan kualitas dari produk kerupuk yang dibuat, Saat ini yang menjadi masalah yang cukup berpengaruh adalah perbedaan cita rasa dan kemampuan mengembang dari kerupuk tersebut(kerupuk palembang)
Yang menjadi penyebab kurangnya cita rasa dan kemampuan mengembang dari kerupuk tersebut adalah karena adanya perbedaan komposisi garam, penyedap rasa, vetsin, ketumbar,lamanya pengukusan,bawang putih dan suhu minyak pada pengorengan kedua. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbeikan dengan disain eksperimen dengan mengunakan metode taguchi. Karakteristik yang digunakan adalah signal to noise ratio (SNR) mengunakan SN Large the better, karena semakin besar nilai yang didapat maka akan semakin baik. Sehinga dapat ditentukan kombinasi optimumFaktor dan level yang berpengaruh terhadap citarasa dan kemempuan mengembang dari produk kerupuk palembang Dua saudara adalah:Suhu minyak pada pengorengan kedua adalah 170 0,Jumlah garam sebanyak 72 Gram,Jumlah Penyedap rasa sebanyak 24.5 gram,Jumlah Vetsin sebanyak 5.5 Gram, jumlah Ketumbar Sebanyak 6 Gram, Jumlah bawang Putih sebanyak6 Gram dan lamanya pengukusan adalah 19 menit. Sehingga setelah dilakukannya eksperimen jumalah konsumen yang menyukai kerupuk palembang naik sebesar 67% dari sebelumnya 37%
Kata Kunci: Metode taguchi, Ortogonal Array,Robust Design.
References
Dergibson, S, Sugiarto, 2000. Metode Statistika untuk bisnis dan ekonomi, PT Gramdia Pustaka Umum.
Supranto, J. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar”. PT. Rineka Cipta. 2006.
Subiyakto, Haryono, 1995, Statistika (inferen) untuk bisnis, Bagian penerbitan sekolah tinggi ilmu ekonomi YKPN.
Simomora, Bilson. ”Panduan Riset Perilaku Konsumen”. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2003.
Kusumo G,H,dan Feriyanto S,G “Perbaikan Mutu Pada Proses dan Produksi Spin-Pile Dengan Mengunakan Metode Tagucgi”. Online (Available) http://www.petra.ac.id. 2000.
Julianingsih, dan Febrina P. ”Penentuan Kondisi Pengolahan dan Penyajian Bumbu Rawon Instant Dengan Mengunakan Metode Taguchi”. Online (Available). http://puslit.petra.ac.id. 2003.
Ishak, aulia. ”Rekaysa Kualitas”. Online (Available) http://www.library.usu.ac.id. 2002.
Wahyudi D, dan Yohan Pramono . ”Optimasi Program Injeksi Dengan metode Taguchi”. Online (Available). http://puslit.petra.ac.id. 2001.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).