Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335Abstract
Penelitian ini dilakukan pada industri jasa finance yang mengalami penurunan penjualan pada tahun 2018. Sehingga, studi ini perlu mengkaji menerapkan analisis SOAR pada strategi pemasaran pada studi kasus ini. Metode analisis yang digunakanpada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa informasi tentang strategi pemasaran dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki banyak potensi positif yang menjadi kekuatan dan peluang usaha dari internal dan eksternal. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan dan acuan bagi perusahaan dalam menetapkan strategi penjulalan pada periode penjualan berikutnya.
References
Assauri, Sofjan. 2011. “Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi”, Jakarta: Cetakan 11. Penerbit PT Rajagrafindo Persada.
Badan Pusat Statistik. 2019. Perkembangan Jumlah Kendaran Bermotor Menurut Jenis 1949-2018. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133
Chiu, C. 2019. Analisis Strategi SOAR PT XYZ dalam Meningkatkan Penjualan Bahan Baku Kimia untuk Industri Tekstil, Kayu, Pakaian dan Deterjen. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 2
Departemen Komunikasi BI. 2020. . Laporan Tahunan Kinerja Ekonomi. https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Laporan-Akuntabilitas-Awal-Tahun-2020-Bank-Indonesia.aspx
Dewi, R.S. 2019. Denda Pajak Kendaraan di Riau Diputihakn, Ini Jadwalnya. GoRiau.com https://www.goriau.com/berita/baca/denda-pajak-kendaraan-di-riau-diputihkan-ini-jadwalnya.html
Flick. U. 2015. Introducing ResearchMethodology: a Beginners Guide to Doing a Research. Los Angeles: Sage
Kotler, P.G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Pasaribu. H.F. 2018. “Penerapan Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran pada PT Arma Anugerah Abadi Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Diakses pada: 21-Desember-2019 http://repository.uinsu.ac.id/5198/1/SKRIPSI%20HIDAYATI%20FAUZIAH%20P_EKI.pdf
Srinadi, N.L.P. 2016. Analisis SWOT sebagai dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016)
Stavros, J. M. & Saint, D. 2010. SOAR: Linking Strategy and OD to Suistainable Performance. Practicing Organizatiton Development: A Guide for Leading Change
Stavros, J.M & Hinrichs, G. 2009. The Thin Bookof Soar: Building Strenght-based Strategy. Unspecified
Sunyoto, Danang. 2012. “Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus”, Yogyakarta: Cetakan 1. Penerbit PT Buku Seru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).