Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Matrik BCG dan SWOT Analisis
DOI:
https://doi.org/10.24014/jti.v6i2.9875Abstract
Startegi Pemasaran dapat menentukan tujuan perusahaan dalam mengambil kebijakan dan aturan yang dapat memberikan arahan sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan pesaing yang selalu berubah. Studi kasus ini pada perusahaan produksi berbagai macam hijab. perusahaan ini memiliki penjualan yang fluktuasi karena pemesanan konsumen yang tidak menentu setiap tahunnya dan munculnya pesaing dengan jenis hijab yang sama. Melihat banyaknya pesaing maka perusahaan ini harus mengetahui kondisi perusahaan dengan perhitungan matrik BCG dan mengetahui faktor eksternal (EFE) dfaktor internal (IFE) untuk menghadapi persaingan dengan hasil analisis SWOT. Hasilnya perusahan ini berada pada posisi Qustion Mark pada matrik BCG dengan tingkat pertumbuhan pasar 21% dan pangsa pasar relatif 0,69. Pada hasil perhitungan matrik IE perusahaan ini berada pada kuadran II yaitu perusahaan harus melakukan strategi tumbuh dan membangun. Hasil analisis SWOT dilakukan berdasarkan salah satu sifat nabi Muhammad adalah tabligh (menyampaikan).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Matrik BCG, analisis SWOT
References
Agusrinal dan Diniaty, D. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol. 11 No. 2.
Akbar, M. S. Muhammad, K. dan Ria, A. (2015). Analisa Strategi Pemasaran terhadap Performance Kerja dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus : Pt. Dk). RATIH Vol. 1 Edisi 1.
Kamaruddin. (2017). Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam. LAA MAISYIR Vol. 4 No. 1.
Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Kompas Gramedia.
Setyorini, H. Mas’ud, E. dan Imam, S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen AgroindustriVol. 5 No. 1.
Subhan, P dan Peratiwi, M. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk dengan Metode Analisis Matrik BCG, SWOT dan Benchmarking pada Perusahaan Rubby Hijab. Universitas Suryakancana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).