Sistem Antrian dan Penjadwalan Mekanik di Bengkel Sepeda Motor

Authors

  • Stefanie Ferra Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bina Nusantara
  • Tan Hauw Sen Rimo Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bina Nusantara
  • Haryadi Sarjono http://orcid.org/0000-0003-4121-2803

DOI:

https://doi.org/10.24014/jti.v6i2.9939

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada sebuah sebuah bengkel resmi dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Perusahaan Memiliki fasilitas yang lengkap sehingga bengkel ini dijadikan pusat bagi pengguna untuk melakukan servis motor. permasalahan pada penelitian ini adalah waktu tunggu motor pada hari Sabtu dengan kedatangan pelanggan paling banyak. Tidak hanya itu, masalah lain yang dihadapi oleh perusahaan adalah pada hari Senin sampai Kamis adalah jumlah kedatangan motor yang diservis tidak banyak sehingga menimbulkan kelebihan mekanik pada hari Senin sampai Kamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi waktu tunggu motor diservis dengan menggunakan software ARENA dan merancang penjadwalan mekanik yang efektif dilihat dari segi biaya dengan menggunakan pendekatan aggregate planning.

 

Kata Kunci: Antrian, waktu tunggu, simulasi, penjadwalan

References

Hasan, I. (2011). Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 151-158.

Kelton, D., Sadowski, R. P., & Sturrock, D. T. (n.d.). Simulation With Arena. New York.

Sentia, P. D., Ilyas, & Haikal, R. (2016). Pendekatan Simulasi untuk Analisis Antrian Pada Bengkel Servis PT.X. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 105-113.

Downloads

Published

2020-12-14