Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI Di SMAN 3 Tangerang
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Diperoleh nilai t-hitung 7,299 sedangkan t-tabel 1,670 hal ini berarti t-hitung > t-tabel, maka Ha menyatakan terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang diterima dan Ho yang menyatakan tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang ditolak.Downloads
Published
2024-02-25
Issue
Section
Articles