Tinjauan Literatur Sistematis: Desain Pembelajaran Geografi di Era Digital
Keywords:
Desain Pembelajaran Geografi, Era Digital, Teknologi Pendidikan, Sistem Informasi GeografisAbstract
Penelitian ini merupakan tinjauan literatur sistematis yang bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran geografi di era digital. Fokus utama dari tinjauan ini adalah mengidentifikasi berbagai metodologi dan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran geografi, serta dampaknya terhadap efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam desain pembelajaran geografi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep geografi yang kompleks melalui visualisasi data, simulasi interaktif, dan penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG). Selain itu, pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif yang didukung oleh teknologi juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Studi ini menyarankan bahwa untuk memaksimalkan potensi teknologi dalam pembelajaran geografi, diperlukan pelatihan dan dukungan yang memadai bagi guru serta akses yang merata terhadap perangkat dan sumber daya digital.References
Ahmad Burhanuddin. (2022). Pengaruh Media Google Earth Sebagai Sumber Informasi Dalam Penulisan Puisi Objek Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 23(1), 43–52. https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2615.2022
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2), 124–133. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Astuti, I., Darini, & Afandi. (2023). Video Pembelajaran Geografi SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.55275
Dahlia, D., Rianto, S., & Yuherman, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Padang Sago. Jambura Geo Education Journal, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16098
Danardono, D., Priyono, P., Wulandari, K. C., & Novianto, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Pembelajaran Geografi Spasial di Tingkat Pendidikan Menengah Atas. Abdi Geomedisains, 80–88. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v2i2.368
Dewi, A. F., & Nofrion. (2023). Perancangan Buku Saku Digital Potensi Sumber Daya Alam Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Geografi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23728–23736. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10353
Halifah, S. N., & Suasti, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Pembelajaran Geografi Pada Materi Konsep Dasar Ilmu Geografi Menggunakan Aplikasi Canva dan Flipbook. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23007–23013. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10242
Hidayat, N. R. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Terhadap Aktivitas Siswa. SOSPENDIS, 2(2), 55–63.
Husain, S., Eraku, S. S., & Koem, S. (2024). Pengembangan Modul Digital Berbasis Story MAP Pada Pokok Bahasan Flora dan Fauna. Jurnal Swarnabhumi, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i1.9631
Lidiawati, B., Nurwahidin, M., & Widodo, S. (2022). Geography science strategy to increase students’ interest in learning with the help of digital-based learning media. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(10), 683–690. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i10.426
Mahar, R. T. (2023). Desain Model ASSURE Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/geodika.v7i1.6158
Manakane, S. E., & Rakuasa, H. (2023). The Role of Digital Learning Media in Improving the Quality of Geography Learning: A Review. Journal Education Innovation, 1(1), 69–76.
Matjais, N. F., & Ismail, K. (2023). Potensi dan Cabaran Implimentasi Teknologi Sistem Maklumat Geografi (GIS) di Peringkat Pra-Universiti di Malaysia. Geografi, 11(2), 67–80. https://doi.org/10.37134/geografi.vol11.2.4.2023
Nisfu Melati Sukma, W., Reynata, A., Auzini Yasmine, D., & Maulana Putra Pratama, D. (2023). Systematic Literature Review (Slr): Keamanan Dalam Sistem Informasi. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1738–1754. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.395
Nuriyanto, M. Z., Astutik, S., & Nurdin, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 144–155. https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33208
Pratama, A., Fazera, D., Fortunata, L. A., & Fadilah, R. (2024). Analisis Kebutuhan dan Perencanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Teknologi Iinformasi di Era Digital Pada Kurikulum Merdeka. Arsen: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2974
Putri, D. A., Irianto, D. M., & Furnamasari, Y. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Aplikasi pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11381–11391. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14091
Putri, P. H., & Sriyanto, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Google Earth Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 52 Jakarta. Edu Geography, 10(2), 15–34. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i2.60521
Ridwana, R., Nafisyah, V. A., Yani, A., Setiawan, I., Waluya, B., Mulyadi, A., & Rosyana, M. (2022). Pengembangan media digital untuk meningkatkan minat siswa dan kualitas pembelajaran Geografi di sekolah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 268–286. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5501
Sari, D. N., Wibowo, A. A., Anggani, N. L., & Kiat, U. E. I. (2022). Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Siswa SMA Inklusi. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 362–371. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1569
Sejati, S. P. (2021). Teknologi Geospasial Sebagai Media Pembelajaran Geografi di Lingkungan Sekolah Tingkat Menengah. Geomedia Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 19(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/gm.v19i1.37713
Seviana, R., Rosyida, F., & Atmoko, R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 198–208. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122
Suarsini, N., Wesnawa, I., & Kertih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 72–81. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386
Winda Widyaningrum, & Sondari, E. (2021). Penerapan Literasi Digital Untuk Membuat Desain Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. De_Jounal (Dharmas Education Journal), 2(2), 321–328. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.512
Wiranti, F. D., Pravikandari, D., & Kusuma Dewi. (2023). Adopsi Media Sosial: Problem-Based Learning Berbantuan Instagram dan Whatsapp Group dalam Pembelajaran Geografi. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8(1), 20–30. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7566
Yulianto, D., & Widyatmoko, W. (2023). Tingkat Keberlanjutan Penggunaan Sumber Belajar Digital Oleh Guru Geografi Pada Materi SIG. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 29(2), 119. https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.50045