Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Pendekatan Visual Thinking pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII MTs yang teruji kevalidan. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau R&D dengan menggunakan model Plomp yang dimodifikasi karena penelitian dilakukan dimasa pandemi Covid-19, yang terdiri dari fase: 1) Fase Investigasi Awal, 2) Fase Desain, 3) Fase Realisasi/Kontruksi, 4) Fase Tes, Evaluasi, Revisi. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dengan meminta validasi dari 2 dosen Pendidikan Matematika FKIP UIR dan 2 orang guru matematika MTs Masmur Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 82,61% dengan kategori sangat valid dan LKPD sebesar 87,05% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Pendekatan Visual Thinking yang yang teruji kevalidannya.References
Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.
Ali, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Arianatasari, A., & Hakim, L. (2018). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1), Article 1. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/24947
Ariawan, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1446
Ariawan, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1193
Cahyani, U. A. E. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery ) Materi Prisma dan Limas untuk Siswa Kelas VIII Semester II. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.
Gunantara, G., Drs. I Made Suarjana, M. P., & Putu Nanci Riastini, S. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada.
Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412
Kusnaeni, Pasaribu, M., & Werdhiana, I. K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Kelas X Dengan Model Plomp Di SMA Negeri 5 Palu. e-Jurnal Mitra Sains Volume 5 No 1.
Maarif, H., & Wahyudi, W. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 97–115. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p97-115
Nurdin, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Visual Thinking Terhadap Sikap Siswa. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4768
Permendikbud No 36 Tahun 2018. (n.d.).
Prisiska, R. N., Hapizah, H., & Yusuf, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial KelaS VII. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2033
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Saputri, R. I., Alzaber, A., & Ariawan, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Swasta Bina Siswa. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(2), 83–89.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sundari, E., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Kemampuan Visual Thinking Dalam Menyelesaikan Domain Soal PISA. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 131–138.
Surya, E. (n.d.). Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurusan Pendidikan Matematika UNIMED.
Suryono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosda Karya.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya ACEH. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), Article 2. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/168
UU Sisdiknas. (n.d.).
Yuberti, Y. (2014). “Penelitian Dan Pengembangan” Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i2.69
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
Zhukovskiy, V. I., & Pivovarov, D. V. (2008). The Nature Of Visual Thinking. Journal of Siberian Federal University. Humanities & Social Sciences, I, 149–158.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.