Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10647Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang diterapkan pembelajaran saintifik. 2) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap MTsS PP Darul Fatah Teratak Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B sebagai kelas kontrol dan VII.C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang diterapkan pembelajaran saintifik. 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap pemahaman konsep matematis siswa.References
Annajmi. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. MES: Journal of Mathematics Education and Science.
Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 20 PALEMBANG. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115–128. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859
Kartika, Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25
Lestari, S. I., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6950
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., Stanco, G. M., International Association for the Evaluation of Educational Achievement, & Trends in International Mathematics and Science Study (Ed.). (2012). TIMSS 2011 international results in science. IEA, TIMSS & PIRLS, International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.
Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249–256. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016, April). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) | Mawaddah | EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/2010
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (t.t.). TIMSS 2015 International Result in Mathematics.
Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Remaja Rosdakarya.
Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (t.t.).
Septriani, Irwan, & Meira. (t.t.). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PERTIWI 2 PADANG - PDF Download Gratis. Diambil 3 September 2020, dari https://docplayer.info/49097527-Pengaruh-penerapan-pendekatan-scaffolding-terhadap-kemampuan-pemahaman-konsep-matematika-siswa-kelas-viii-smp-pertiwi-2-padang.html
Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.