Analisis Kecemasan Matematis Siswa SMA/MA Sederajat Selama Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v5i1.13241Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan matematis siswa SMA/MA Sederajat selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas XI tingkat SMA/MA sederajat yang ada di Kota Duri dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 10 siswa, dengan 9 siswa dari SMAN 4 Mandau dan 1 siswa dari SMAN 9 Mandau. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Pusposive Sampling. Kriteria pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu tidak ada batasan jumlah responden, asalkan informasi yang diinginkan dapat diperoleh dan dihasilkan benar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan pengisian kuesioner/angket yang dibagikan melalui link google form dan wawancara menggunakan WhatsApp. Untuk teknik analisis datanya peneliti menggunakan metode statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa tingkat kecemasan matematis siswa SMA/MA sederajat selama pembelajaran daring dengan beberapa indikator yaitu: pada aspek kognitif diperoleh 49,43%, aspek afektif diperoleh 56,2%, dan aspek psikomotor diperoleh 55,33%. Sehingga Secara keseluruhan di peroleh tingkat kecemasan matematis siswa SMA/MA Sederajat yaitu 53,65% dengan kategori Sedang.References
Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93–99. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00
Apsari, R. A., Sripatmi, Sariyasa, S., Maulyda, M., & Salsabila, N. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6, 318–332. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Azwar, s. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 6.
Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Disaat Pandemi COVID-19.
Izzah, L. I., Rahmawati, & Humairoh, H. (2020). Pengaruh Mendengarkan Musik Terhadap Mood Belajar Pada Mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Suska Riau. Nathiqiyyah, 3(1). Diambil dari https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/82
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591
Kaufmann, R., & Vallade, J. I. (2020). Exploring connections in the online learning environment: Student perceptions of rapport, climate, and loneliness. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1749670
Melinda, N., & Lazwardi, A. (2020). Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 59–65.
Mubarak, Z. Y., Sasongko, M. N., & Syafei, H. (2018). Analisis Usabilitas Sistem Informasi Akademik di Stikes Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta.
Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring di Era Pandemik Covid- 19 Menurut Perspektif Siswa SMA Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.30605/2615-7667.501
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 58–71. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning. 45, 12.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1–12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834
Santoso, E. (2017). Mengurangi Kecemasan Mateamtika dengan Bermain Game Logika. 1(2), 11.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah Dasar. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 0(0). https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.428
Wantika. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2016/2017. Lampung.
Yusuf, S. (2009). Mental Hygine: Terapi Psikopiritual untuk Hidup Sehat Berkualitas. Bandung: Maestro.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. 4, 9.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.