Peran Scaffolding pada Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Kepustakaan
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13840Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran harus dilakukan di rumah. Dalam situasi ini, siswa dituntut untuk belajar mandiri secara online (dalam jejaring/daring), namun demikian bantuan dan bimbingan guru masih dibutuhkan agar pembelajaran terarah dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Bantuan ini dikenal dengan scaffolding. Studi ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data dan informasi yang dikumpulkan dianalisis secara deduktif. Pada artikel ini diuraikan bagaimana peran scaffolding dan efektivitas scaffolding dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa scaffolding dapat menjadi alternatif pembelajaran matematika saat ini. Pengaruh scaffolding pada pembelajaran matematika online perlu diteliti lebih lanjutReferences
Anghileri, J. (2006). Scaffolding practices that enhace mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9, 33–52. https://doi.org/10.1007/s10857-006-9005-9
Arifin, S., Zulkardi, Putri, R. I. I., Hartono, Y., & Susanti, E. (2020). Scaffolding in mathematical problem-solving. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012054
Aulia, J., Fitraini, D., & Risnawati. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaaran scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 367–374.
Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072
Bakker, A., Smit, J., & Wegerif, R. (2015). Scaffolding and dialogic teaching in mathematics education : introduction and review. ZDM: The International Journal on Mathematics Education, 47(7), 1047–1065. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0738-8
Cahyo, A. N. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar dan mengajar teraktual dan terpopuler. Jakarta: DIVA Press.
Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–44.
Dewi, I., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis budaya melayu untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 160–167. Semarang: Universitas PGRI Semerang.
Ding, L., Reay, N., Lee, A., & Bao, L. (2011). Exploring the role of conceptual scaffolding in solving synthesis problems. Physic Education Research, 7, 1–11. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.020109
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229
Ferguson, S. (2013). Scaffolding the mathematics learning of low-attaining students through whole class discussions. Proceeding of the 36th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australia. Melbourne: Mathematics Education Research Group of Australia.
Fitraini, D., Maisyah, I., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12353
Frederick, M. L., Courtney, S. A., & Caniglia, J. (2014). With a Little help from my friends : scaffolding Techniques in problem solving investigations in mathematics learning. Investigation in Mathematics Learning, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.1080/24727466.2014.11790340
Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media pembelajaran berbasis model Bruner, budaya lokal dan scaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep relasi dan fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221–236. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235 Media
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597
Kazak, S., Wegerif, R., & Fujita, T. (2015). Combining scaffolding for content and scaffolding for dialogue to support conceptual breakthroughs in understanding probability. ZDM. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0720-5
Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan sistematis: strategis scaffolding pada pembelajaran matematika. Jurnal Phenomenon, 10(1), 102–117.
Lestari, S. I., & Andriani, L. (2019). Pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari motivasi belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6950
Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668
Masna, F., & MZ, Z. A. (2019). Pengaruh penerapan model scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep berdasarkan self efficacy siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249–256.
McCarthy, P., Sithole, A., McCarthy, P., Cho, J., & Gyan, E. (2016). Teacher questioning strategies in mathematical classroom discourse: a case study of two grade eight teachers in Tennessee, USA. Journal of Education and Practice, 7(21), 80–89.
Mustofa, H., Jazeri, M., Mu’awanah, E., Setyowati, E., & Wijayanto, A. (2021). Strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian belajar siswa. AL Fatih, 1(1), 42–52.
Pol, J. van de, Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Scaffolding in teacher–student interaction : a decade of research. Educ Psychol Rev, (April), 271–296. https://doi.org/10.1007/s10648-010-9127-6
Rachmawati, I., & Purnama, A. (2019). Penggunaan teknik scaffolding pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik pada siswa SMP. Jurnal Equation, 2(2), 94–104.
Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas penggunaan teknik scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 07(01), 1–10.
Satiti, W. S., & Verdianingsih, E. (2019). Penggunaan scaffolding untuk mengatasi kesulitan problem solving mahasiswa calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 113–127.
Siew, M. F. C., Shahrill, M., & Li, H.-C. (2019). The integration of a problem-solving framework for Brunei high school mathematics curriculum in increasing student’s affective competency. Journal of Mathematics Education, 10(2), 215–228.
Suhandri, Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan level kemampuan akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115–129. https://doi.org/10.15575/j.v3i2.1919
Sutiarso, S., Coesamin, M., & Nurhanurawati. (2018). The effect of various media scaffolding on increasing understanding of students’ geometry concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4291.95-102
Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yaniawati, R. P. (2020, April 14). Penelitian studi kepustakaan ( library research ). Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan Di Lingkungan Dosen FKIP Unpas.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.