Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v5i4.15692Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Newman’s error ditinjau dari minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas IX6 MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes Newman’s error, angket minat belajar siswa dan pedoman wawancara. Selanjutnya seluruh data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa dengan minat belajar tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar meliputi kesalahan penulisan (encording error). Kesalahan yang dominan dilakukan siswa dengan minat belajar sedang dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar meliputi kesalahan keterampilan proses (process skill error) dan kesalahan penulisan (encoring error). Kesalahan yang dominan dilakukan siswa dengan minat belajar rendah dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar meliputi kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (process skill error) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encording error).References
A’yuni, R. F., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Minat Belajar. Admathedu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 10(2), 123–134. http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.16535
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5229
Laila, Z., Aima, Z., & Yunita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Horizon, 1(3), 588–600. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257
Lestari, A. R. A., Ilhamminggi, & Qadry, I. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar berdasarkan Prosedur Newman. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 122–129. https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3513
Meldawati, & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. Axiom : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7681
Rahman, R. F., & Nur, I. R. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1413–1422. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.496
Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus berdasarkan Analisis Newman. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Analisis Newman. Rainstek : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447
Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.337
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.