Systematic Literature Review: Integrasi Keislaman Pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v7i1.23066Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature review terkait integrasi keislaman pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literatur Review (SLR) dimana Research question dalam penelitian adalah “Bagaimana integrasi keislaman pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran matematika”. Sumber artikel dalam penelitian ini adalah informasi integrasi keislaman yang diambil dari artikel-artikel pilihan. Artikel yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini sebanyak 25 artikel dan terdapat 10 artikel yang relevan sesuai sesuai kata kunci setelah dilakukan prosedure penelitian SLR menurut Zawacki-ricther et.al (2020) yaitu (1) terintegrasi keislaman pada pembelajaran matematika (2) artikel berasal dari jurnal terindeks nasional dan terindeks Sinta 2-5. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa (1) terdapat banyak nilai islam yang dapat diintegrasikan pada pembelajaran matematika, (2) pembelajaran terintegrasi keislaman dapat menjembatani siswa dalam memahami konsep matematika, (3) hasil penelitian menyebutkan pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna karena siswa dalam pembelajaran matematika diterapkan integrasi keislaman yang membuat siswa mendapatkan ketercapaian pengetahuan dan ketercapaian pemahaman serta penerapan nilai-nilai islam.References
Amir, S.U., Nari, N., & Huda, U. (2019). Pengembangan LKPD SPLTV Terintegrasi Islam dan Budaya Minangkabau di SMA/MA. Innovation in Islamic Education: Challenges and Readiness in Society, 5, 267–280.
Artalia, D., Sari, A., & Fitraini, D. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning dan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Teorema Pythagoras SMP/MTs. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 5(4), 351-358. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.18970
Beladina, N., & Suyitno, A. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 34–39.
Dewi, W. S., Supriadi, N., & Putra, F. G. (2018). Model Hands on Mathematics (HoM) Berbantuan LKPD Bernuansa Islami Materi Garis dan Sudut. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 57-63. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1913
Ekawati, T., Anggoro, B.S., & Komarudin. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826
Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.34
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 346–352. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/49
Friansyah, D., & Luthfiana, M. (2018). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.322
Ghinaya, M. A. S., & Hartatiana, Y.W. (2021). Desain LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Islam. Proceedings of International Education Conference (IEC), 1(1), 49–55.
Haryani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. MENARA, 12, 153–154.
Kitchenham & Charters. (2007). Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. EBSE Technical Report. Keele University and University of Durham, UK.
Nihayati. (2017). Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-Ayat al- qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65–77. https://doi.org/10.52657/je.v3i1.285
Rachmiati, W., & Mansur. (2021). Video Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Mengembangkan Pemahaman Matematis Dan Karakter Religius Siswa SD. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(01), 2623–2685.
Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926
Sari, A., & Revita, R. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Nilai Keislaman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 655–667. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1256
Sari, A., Revita, R., & Suhandri. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 135-144. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.11309
Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 157–165. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588
Zawacki-richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic Reviews in Educational Research Methodology, Perspectives and Application. https://doi.org/10.1007/ 978-3-658-27602-7
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.